Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menyatakan pada tahun 2018 pihaknya akan fokus untuk pengembangan industri kreatif.

"Pengembangan industri kreatif ini merupakan bagian dari sinergi dengan sektor pariwisata. Industri kreatif memiliki potensi besar untuk tumbuh," kata Kadisperindagkop dan UKM, Aceh Besar, Taufik di Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan pada tahun 2018 nantinya akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di UMKM guna memanfaatkan teknologi dalam memasarkan segala produk yang dihasilkan disetiap sentra produksi industri kreatif.

"Kita akan melakukan pembianaan terhadap UKM di Aceh Besar agar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi secara baik dengan memberikan pelatihan sistem teknologi digital," katanya.

Menurut dia apa bila kalangan UKM tidak memanfaatkan perkembangan teknologi seperti memasarkan produk-produknya melalui penjualan online maka akan tertinggal dengan pelaku usaha lainnya.

Karena itu pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan pembinaan kepada seluruh pelaku usaha di kabupaten setempat sehingga mampu berkembang dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masa mendatang.

"Kami akui untuk pembinaannya tidak bisa dilaksanakan untuk seluruh pelaku usaha sebab terbatasnya anggaran yang tersedia, namun kami terus berupaya maksimal agar seluruh industri kreatif di Aceh Besar berkembang pesat di masa mendatang," katanya.

Pihakya optimistis hadirnya industri kreatif di berbagai sektor juga akan menjadi salah satu daya pikat bagi tamu dalam dan luar negeri untuk datang dan membeli hasil kerajinan yang diproduksi para perajin yang ada di kabupaten setempat. 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017