Sabang (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kota Sabang akan segera mengembalikan para pedagang dari pasar relokasi sementara (Puja Sera) Kuta Bawah Timu ke pasar induk karena pasar tersebut sudah siap ditempati.

"Pasar induk yang direvitalisasi sejak akhir tahun 2015 sudah siap dan dalam waktu dekat ini para pedagang itu semua akan segera dikembalikan ke pasar induk," kata Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Sabang Syarbini Yusuf di Sabang, Rabu.

Ia mengatakan pasar induk sudah siap dan sekarang sedang dibersihkan oleh petugas demi kenyamanan para pedagang.

"Sebelum `Sail Sabang`, para pedagang di Puja Sera ditargetkan sudah menempati kembali pasar induk dan sekarang sedang dibersihkan serta didata ulang pedagang mana saja yang akan menempatinya," ujar Syarbini.

"Sail Sabang" akan digelar dari 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Sejumlah pedagang di pasar relokasi sementara Pujasera, Kuta Timu, Sabang, Provinsi Aceh meminta segera dikembalikan ke pasar induk, karena fasilitasnya lebih baik, sehingga nyaman untuk berjualan.

Salah seorang pedagang di pasar relokasi Pujasera, Ramli, di Sabang menyampaikan berjualan di pasar sementara tidak stabil, fasilitasnya pun tidak memadai, sehingga para pedagang ingin segera dikembalikan ke pasar induk.

Para pedagang di pasar Induk Jalan Perdagangan, Kuta Timu, dipindahkan pada Agustus 2015 karena ada pengerjaan revitalisasi pasar.

Ramli berharap pemerintah dapat segera mengembalikan para pedagang ke pasar induk yang sudah rampung dibangun itu, pasalnya di pasar relokasi Pujasera fasilitas umum seperti MCK pun tidak memadai.

"Pasar induk itu sudah rampung, tapi kami belum kunjung dikembalikan," ujarnya.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017