Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Empat Varietas Lokal asal Kabupaten Aceh Tengah yakni Jeruk Keprok Gayo, Rom Poteh (varietas padi), Bawang Merah Gayo dan Kopi Arabika Gayo 1 (satu) resmi terdaftar secara nasional.

"Terdaftarnya beberapa varietas lokal ini sebagai upaya menjaga kelestarian sumber daya genetik dan ciri khas tanaman yang berasal dari Kabupaten Aceh Tengah," kata Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, Rabu.

Ia menjelaskan setelah resmi terdaftar, komoditi Jeruk Keprok Gayo, Rom Poteh, Bawang Merah Gayo, dan Kopi Arabika Gayo 1 menjadi varietas unggul nasional/lokal.

"Kami akan terus dipelihara serta dikembangkan sebagai tanaman yang bernilai ekonomi tinggi dan membawa keuntungan bagi petani dan daerah," katanya.

Menurut dia selain keempat varietas tersebut masih ada varietas yang diusulkan untuk didaftarkan, yaitu Nenas Gayo.

"Semakin banyak varietas lokal yang diakui secara nasional akan memberi dampak positif bagi masyarakat Aceh Tengah yang mayoritas bekerja sebagai petani," katanya.

Empat varietas lokal asal Kabupaten Aceh Tengah resmi terdaftar secara nasional seiring dengan diserahkannya sertifikat tanda daftar keempat varietas oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Haris Syahbuddin.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017