Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus mematangkan seluruh persiapan dalam menyukseskan pelaksanaan Sail Sabang yang akan berlangsung di Sabang 28 November hingga 5 Desember 2017.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan semua instansi terkait dan menyiapkan sarana transportasi baik darat, laut maupun udara guna menyukseskan kegiatan taraf internasional ini," kata Kedisbudpar Aceh, Reza Fahlevi di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan untuk transprotasi darat akan disediakan 29 bus dari Kemenerian Perhubungan untuk sarana shuttle bus di Sabang ditambah bus dari Pemerintah Kota Sabang.

Selanjutnya untuk transportasi laut, akan ada penambahan satu unit kapal RORO dan satu unit kapal cepat, sehingga akan ada empat kapal lambat dan empat kapal cepat yang akan melayani penumpang dari Ulee Lheu ke Sabang.

Selain itu, Angkatan Laut juga akan mengoperasikan empat kapal jenis froch dan water taxi untuk rute Malahayati " Balohan pada tanggal 1 sampai 3 desember.

"Garuda Indonesia juga akan menambah penerbangan pada tanggal 29 november, 1, 2 dan 3 Desember sebanyak 1 penerbangan," kata Reza.

Reza mengatakan panitia juga terus mendata penginapan baru dan penduduk yang mau menyewakan rumahnya untuk dijadikan homestay dan posko.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017