Sabang (ANTARA Aceh) - Kementerian Pariwisata RI melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo melakukan sertifikasi 100 pemandu wisata khusunya bidang penyelaman dan ekowisata di Sabang, Provinsi Aceh.

"Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan turut melibatkan LSP Pramindo melakukan pelatihan dan sertifikasi 100 guide diving dan ekowisata di Sabang," kata Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Aceh Zainuddin Johan di Sabang, Jumat.

Menurutnya sertifikasi guide tersebut sudah berlangsung dari tanggal 7-8 November, 50 guide diving dan 50 guide ekowisata dan kami berharap pelaku wisata di Sabang dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal demi peningkatan pelayanan kepada wisatawan.

Ketua HPI Aceh menyampaikan, pemerintah melakukan sertifikasi guide diving dan ekowisata demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khusunya di industri pariwisata.

"Sertifikasi guide ini penting untuk untuk meningkatkan SDM pelaku usaha jasa pariwisata agar para pelaku usaha pariwisata tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke Sabang," katanya.

Ia menambahkan, sertifikasi nasional ini sangat penting demi meningkatkan SDM untuk pelaku usaha pariwisata dan jangka panjang akan berdampak terhadap pelayanan industri itu sendiri.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata 2010 silam telah menetapkan kepulauan paling ujung barat Sumatera tersebut sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat terus berupaya menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi guna memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan yang berkunjung ke provinsi opaling ujung barat Sumatera tersebut.

"Salah satu fokus kita tahun 2017 adalah penyiapan SDM pariwisata yang berkompeten guna memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh tamu yang berkunjung ke Aceh," kata Kepala Disbudpar Aceh Reza Fahlevi di Banda Aceh baru ini.

Menurunta, ketersediaan SDM yang berkompeten maka akan memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelancong sehingga wisatawan baik dalam dan luar negeri yang datang akan kembali berkunjung ke daerah itu.

"Salah satu hal yang paling penting di sektor pariwisata adalah pelayanan. Ketika pelayanan yang diberikan kepada tamu baik maka saya yakin yang besangkutan akan mengajak dan menceritakan kepada temannya mengenai layanan dan pesona wisata Aceh," ujarnya.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017