Meulaboh (ANTARA Aceh) - SMA Negeri-1 Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, keluar sebagai juara satu pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SMA sederajat yang digelar Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Sekretaris penitia pelaksana lomba Irsadi Aristora, MH di Meulaboh, Jumat mengatakan, kegiatan dicetus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UTU tersebut berlangsung sehari diikuti pelajar se tingkat SMA dari lima kabupaten wilayah barat selatan Aceh.

"Fisipol UTU mengadakan rangkaian kegiatan LCC pancasila di kawasan barat selatan Aceh ini dengan semangat menanamkan sejak dini, nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Materi soal yang diajukan yakni pancasila, UUD 1945, Hak Asasi Manusia, demokrasi dan Bhineka Tunggal Ika, lomba tersebut dipimpin oleh juri dari UTU yakni Said Fadhlain, MA, dari Unsyiah Dr Rusli Yusuf dan dari Kodam Iskandar Muda Kolonel Inf Azwar Usman.

Dari 17 regu peserta berasal dari lima kabupaten, keluar sebagai juara I SMA Negeri 1 Panga, Aceh Jaya, juara II SMAN 1 Meulaboh, Aceh Barat, juara III SMAN 2 Kuala, Kabupaten Nagan Raya dan juara harapan 1 diraih SMAN1 Sama Tiga, Aceh Barat.

Rektor UTU Prof Dr Jasman J Ma`ruf, dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan tersebut menindak lanjuti keikut sertaan dosen dan mahasiswa UTU bersama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia dengan Presiden RI Joko Widodo, pada Agustus 2017.

Dalam pertemuan yang difasilitasi Unit Kerja Presiden (UKP) Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila, merekomendasikan pentingnya langkah-langkah penguatan nilai-nilai ideologi pancasila di tengah masyarakat dilaksanakan oleh perguruan tinggi.

"Ini merupakan terobosan awal, mengimplementasikan untuk penguatan dan penanaman sejak dini tentang nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari dikalangan generasi muda, khususnya siswa/i tingkat SLTA dan akan diagendakan setiap tahun," imbuhnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan hadian untuk juara I,II, III dan IV, yang masing-masing memperoleh piala dan uang pembinaan, Rektor Prof Jasman mengutarakan, kegiatan ini juga sebagai bentuk penanaman bela negara kepada generasi muda bangsa Indonesia.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017