Sabang (ANTARA Aceh) - Pembangunan tugu atau logo "Sail Sabang" di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Provinsi Aceh sampai Minggu (19/11) belum rampung dikerjakan.

Padahal even tahunan nasional tersebut hanya menyisakan waktu 10 hari lagi atau tepatnya akan digelar dari, 28 November sampai 5 Desember 2017, demikian pantauan wartawan di lokasi.

Di lokasi, sejumlah pekerja sedang mengecat tugu lambang "Sail Sabang" tersebut dengan warna biru muda, hijau, ungu, orange dan ping.

Sementara pekerja lainnya disibukkan dengan memotong keramik dan petugas lain pun memasang keramik tersebut dilantai tugu lambang even tahunan nasional itu.

Sail Sabang akan digelar dari 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Lokasi puncak penyelenggaraan Sail Sabang difokuskan pada tiga titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 BPKS, Sabang Fair, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Reza Fahlevi menyampaikan, persiapan perhalatan even nasional Sail Sabang sudah rampung 80 persen.

"Ya, sekarang sudah 80 persen persipannya," kata Kepala Disbudpar Aceh Reza Fahlevi saat ditanyai persiapan Sail Sabang di Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh baru ini.

Menurutnya, persiapan Sail Sabang tidak hanya dilakukan di kepulauan paling ujung barat Indonesia, bahkan panitia pusat (Kementerian Pariwisata) rutin menggelar rapat untuk kesiapan penyelenggaraan even tahunan nasional tersebut.

"Panitia pusat dan kita sering memanggil semua pihak yang terlibat duduk bersama membahas persiapan Sail Sabang," katanya lagi.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh itu juga menyatakan, mulai pekan depan panitia pusat dan daerah akan bekerja ekstra di lapangan untuk menyukseskan Sail Sabang.?

"Untuk menyukseskan Sail Sabang minggu depan panitia pusat dan daerah lebih banyak di Sabang agar perhelatan even nasional itu berlangsung meriah dan sukses," ujarnya.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara pada 2012, Komodo, Nusa Tenggara Timur pada 2013, Raja Ampat, Papua Barat pada 2014, dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah pada Oktober 2015 dan 28 November sampai 5 Desember 2017 akan berlangsung di Sabang, provinsi paling ujung barat Sumatera.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017