Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra PORA) dayung yang berlangsung di Krueng (sungai) Aceh Lamnyong Banda Aceh juga dijadikan sebagai ajang seleksi rekrutmen atlet untuk dikirim ke Kejuaraan nasional (Kejurnas).

Ketua Umum Pengprov PODSI Aceh, T Sulaiman Badai saat membuka Pra PORA dayung, Senin menyatakan, Pra PORA ini selain menentukan atlet yang lolos ke PORA, juga sebagai seleksi bagi pendayung untuk dikirim ke Kejurnas di Pelembang, Sumatera Selatan, 28 November - 1 Desember 2017.

Sulaiman mengungkapkan Pengprov PODSI Aceh akan mengirimkan 10 pendayung putra dan putri terbaik ke Kejurnas, hasil dari Pra PORA.

Ia menjelaskan, tim dayung Aceh yang akan berangkat ke Kejurnas nanti berjumlah 16 orang terdiri dari atlet dan official. Diantaranya dua orang atlet yunior dan satu pelatih dari PPLP Dispora Aceh.

Disebutkannya, Kejurnas di Jakabaring, Palembang juga sebagai ajang seleksi rekrumen atlet untuk Sea Games.

"Kita harapkan atlet Aceh bisa meraih prestasi terbaik di kejuaraan nasional tersebut," ujarnya.

Katanya pelaksanaan Pra PORA dan pengiriman atlet merupakan kegiatan pertama dalam pembinaan diawal masa kepengurusan PODSI Aceh masa bakti 2017 - 2021 yang dipimpinnya.

"Para atlet dari kabupaten/kota kita harapkan berusaha maksimal meraih prestasi terbaik di Pra PORA ini. Ke depan para pendayung Aceh mampu berprestasi pula di tingkat nasional," pintanya.

Kecuali itu, ia bersama pengurus juga akan memikirkan tempat dan lomba dayung yang memenuhi standar, guna mendukung pembinaan atlet Aceh meraih prestasi di masa mendatang.

Untuk itu, sebutnya, PODSI Aceh akan bekerjasama dengan Dinas Pengairan Aceh menjadikan waduk keliling juga sebagai arena dayung yang memenuhi standar di Aceh.

Pra PORA dayung yang akan berlangsunng empat hari , 20 - 24 November, diikuti 400 atlet putra-putri dari 12 kabupaten/kota yaitu Banda Aceh, Sabang, Aceh Selatan, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Singkil, Subulussalam, Simeulue, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Jaya dan Bener Meriah.

Memperlombakan kategori putra nomor Kayak I 200 meter, 1000m. Kayak II 200m, 1000m. kayak IV 200m, 1000 m. Perahu Dragon 200m, 1000 m. Kategori Putri Kayak I 200m, 500m.Kayak II, 200m dan 500m. Kayak IV 200m, 500m dan Dragon 200m dan 500 meter. Memperebutkan 16 medali emas, 16 medali perak dan 16 medali perunggu. 

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017