Sabang (ANTARA Aceh) - Menteri Pariwisata Arif Yahya meminta Pemerintah Kota Sabang untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut.

"Pelayanan harus ditingkatkan agar wisatawan yang berkunjung ke Sabang memperoleh pelayanan terbaik," kata Menpar Arif Yahya yang didampingi Walikota Sabang Nazaruddin, Kepala BPKS Fauzi Husen serta unsur Forkompinda se-Kota Sabang dalam pertemuan singkat di ruang VIP Pelabuhan Balohan, Sabang, Selasa.

Menpar bersama rombongan menyeberang ke Sabang dengan Kapal KN-Krisna milik Badan Sar Nasional (Basarnas) Aceh dari Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh dan tiba di Pelabuhan Balohan, Sabang pukul 11:45 WIB.

Dalam kunjungan kerja tersebut Menpar menyampaikan, rangkaian kegiatan Sail Sabang ini untuk mempromosikan industri wisata bahari ujung negeri kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara menyampaikan, Pelabuhan Balohan, Sabang merupakan pintu gerbang utama kunjungan wisatawan.

Untuk itu pihaknya berahap, pemerintah segera menata pelabuhan ini agar tidak terjadi kemacetan saat pelaksanaan Sail Sabang.

"Tiket penumpang tidak ada nomor kursi, pelabuhan belum tertata dan kami berharap pihak terkait segera membenahi itu, demi mewujudkan kenyamanan bagi wisatawan," harapnya.

Kemudian, Menpar bersama rombongan meninjau Bandara Internasional Maimun Saleh, Cot Ba U, Sabang dan lokasi puncak perlehatan even Sail Sabang yakni, di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Humas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang Bahrul Fikri menyatakan, Menpar bersama Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Walikota Sabang Nazaruddin serta panitia Sail Sabang akan menggelar rapat di lantai VI kantor walikota setempat terkait kesiapan Sail Sabang.

Sail Sabang mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Lokasi puncak penyelenggaraan Sail Sabang difokuskan pada tiga titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017