Sabang (ANTARA Aceh) - Sebanyak 29 unit bus bantuan Kementerian Perhubungan tiba di pulau terluar Indonesia untuk melayani wisatawan selama "Sail Sabang 2017".

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sabang Irawadi di Sabang, Rabu, mengatakan, bus tersebut didatangkan untuk mendukung transportasi selama Sail Sabang dari 28 November sampai 5 Desember 2017.

Ke-29 unit bus itu diparkir di pelataran Gudang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sabang di Jalan Balohan-Kota, Lingkungan Bay Pas, Cot Ba U, Sabang, Provinsi Aceh.

Ia menyatakan, Sail Sabang mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Desember 2017.

Lokasi puncak Sail Sabang difokuskan pada tiga titik, yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT-3 BPKS, Sabang Fair dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Menteri Pariwisata Arif Yahya ketika meninjau kesiapan Sail Sabang pekan lalu memperkirakan sebanyak 20.000 wisatawan domestik dan mancanegara akan hadir saat berlangsungnya event tersebut.

"Kami perkirakan 20.000 wisatan dan 3.000 di antaranya wisatawan mancanegara akan berkunjung ke sini saat Sail Sabang," kata Menpar di Sabang.

Menpar juga menyatakan Sail Sabang ke-9 merupakan event pariwisata terbesar yang pernah diselenggarakan di Tanah Air.

"Bapak Presiden Jokowi menginginkan Sail Sabang ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Sabang dan Indonesia secara umum," tambah dia.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017