Tapaktuan (Antaranews Aceh) - Kepolisian Resort  (Polres) Aceh Selatan menggelar apel gelar pasukan pengamanan Pilkada tahun 2018 dengan sandi operasi "Mantap Praja Rencong" di Lapangan Naga Tapaktuan Jalan T Cut Ali Tapaktuan, Jumat (5/1).

Adapun peserta upacara terdiri dari beberapa pleton prajurit TNI/Polri, Dishub dan Satpol PP Aceh Selatan.

Bertindak selaku inspektur upacara Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono, ST dengan komandan upacara Iptu Mirkam (Kapolsek Trumon) dengan peserta upacara ratusan prajurit TNI/Polri serta petugas terkait dijajaran Pemkab setempat.

Hadir dalam upcara itu Wakil Bupati Aceh Selatan Kamarsyah, Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol (Kav) Hary Mulyanto, Ketua PN Tapaktuan Zulkarnaini, SH, para kepala SKPK. Apel juga diwarnai dengan pelaksanaan simulasi pemilu yang diperagakan oleh personil Polres setempat. 

Kapolres Dedy Sadsono antara lain mengharapkan agar pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan tahun 2018 berlangsung secara damai dan kondusif .

Untuk mencapai kondisi seperti itu dibutuhkan dukungan dari semua elemen baik TNI maupun segenap unsur terkait yang dengan kesungguhan hati telah bertekad untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut.

"Diperlukan pengertian dan kesadaran berbagai pihak khususnya masyarakat dan pimpinan partai politik serta tim sukses peserta Pilkada untuk betul-betul mengembangkan kampanye damai dan simpatik sehingga dapat mencegah konflik," harapnya.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Selatan, menyatakan tekadnya untuk mendukung penuh pelaksanaan Pilkada Bupati/wakil bupati Aceh Selatan.

Hal itu sebagaimana dikemukanan Dandim Aceh Selatan Letkol (Kav) Hary Mulyanto, Wakil Bupati Aceh Selatan Kamarsyah, dan Ketua Pangadilan Negeri Tapaktuan saat dimintai tanggapannya oleh wartawan, di sela-sela inspeksi pasukan.

"Sebagaimana tugas TNI dalam bidang pembinaan teritorial, kami  akan selalu bersama masyarakat sebagai wujud kehadiran negara dalam setiap proses dinamika yang terjadi ditengah-tengah masyarakat itu sendiri," kata Dandim 0107, Letkol Kav Hary Mulyanto.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Selatan Kamarsyah, menyatakan Pemkab setempat telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung pelaksanaan Pilkada itu sendiri.

Sedangkan Ketua PN Tapaktuan Zulkarnaini SH MH menyatakan, kesiapan pihaknya untuk melakukan penegakan hukum melalui lembaga penegakan hukum terpadu (gakkumdu) Aceh Selatan yang telah dibentuk menghadapi Pilkada serentak tahun 2018.

Pewarta: Hendrik

Editor : Antara Aceh


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018