Aceh Besar (Antaranews Aceh) - Puluhan warga Gampong Kuta Karang, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, mendapat penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Kegiatan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba tersebut dilaksanakan agar masyarakat mengetahui dan memahami tentang bahaya terhadap penggunaan obat-obat terlarang tersebut," kata Ketua Panitia Efendi di Aceh Besar, Minggu.

Ia menjelaskan peyuluhan bahaya narkoba sangat penting dilakukan bagi masyarakat, bahkan bukan hanya dikalangan anak muda saja yang terjerumus tapi juga anak-anak seperti disusupi melalui makanan, permen atau lainnya.

"Kita harus mengantisipasi sejak saat ini, sebelum masyarakat khsususnya dikalangan pemuda terjerumus ke dalam pergaulan yang sangat berbahaya, jangan sampai mereka terpengaruh dari luar dan akan tertular di gampong-gampong," katanya.

Ia mengatakan untuk tahap pertama pihaknya memberikan penyuluhan kepada pemuda yang ada di gampong tersebut dan pada tahap selanjutnya dapat dilanjutkan kepada seluruh masyarakat gampong termasuk orang tua.

"Peran orangtua dalam mendidik anak sangat penting, orang tua harus mengetahui betul ciri-ciri pemakai narkoba, agar cepat mengetahuinya jika ada anggota keluarga yang telah terjerusmus," katanya.

Ada pun nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah Nia Dahrika Putri dan Ida Fazlya, keduanya merupakan penyuluh ahli muda narkoba pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh.

Efendi menambahkan, kegiatan penyuluhan bahaya narkoba sangat bermanfaat dilaksanakan, selain para pemuda, juga hadir ibu-ibu dan anak-anak di gampong setempat.

Pewarta: Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018