Langsa (Antaranews Aceh) - Dewan Pengurus Daerah Tingkat II Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD II KNPI) Kota Langsa, berkomitmen memperkuat kaderisasi generasi Islami dalam mendukung penerapan syariat Islam di Provinsi Aceh.

Ketua DPD II KNPI Kota Langsa, Zulfan di Langsa, Sabtu mengungkapkan, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi era global. Karenanya, penguatan kaum muda secara aqidah dan pengetahuan Islam tentu menjadi suatu keharusan.

"Proses transformasi global yang mewabah harus bisa dicermati dengan baik. Mempersiapkan generasi Islami di tengah zaman milenial adalah modal dasarnya," kata Zulfan.

Karenanya, Zulfan bersama segenap punggawa induk organisasi kepemudaan di kota itu, melaksanakan program "KNPI Mengaji" yang dilaksanakan seminggu sekali, setiap Jumat malam.

Program dimaksud sudah berlangsung sejak awal kepenggurusan dirinya pada tahun 20015. Hingga kini, kegiatan mengaji yang dipusatkan di aula Graha Pemuda jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Langsa itu terus bergeliat dengan dihadiri puluhan pengurus setiap sesi pengajian.

Menurut dia, dalam setiap sesi pengajian diulas berbagai isu sesuai dengan kebutuhan, misalnya tentang tauhid, tatacara beribadah dengan benar sampai persoalan keumatan yang sedang dihadapi daerah dan bangsa.

Diharapkan, kegiatan rutin pengajian tersebut dapat memberikan asupan suplemen kepada genarasi muda tentang kehidupan yang mendasar dari ajaran Islam.

"Harapan kita geliat pengajian ini membawaa kemanfaatan kepada kaum muda agar mengetahui atau memperdalam kehidupan Islam dalam keseharian kaum muda, sehingga terbebas dari pergaulan sesat seperti seks bebas, narkoba dan lainnya," urai kata dosen Fakultas Hukum Universitas Samudera itu.

Selain pengurus KNPI, lanjut Zulfan, peserta pengajian juga berasal dari pengurus OKP yang berhimpun di DPD KNPI Kota Langsa, serta pemuda desa yang berkesempatan hadir pada saat jadwal pengajian.

Sedangkan, sebagai pemateri didatangkan sejumlah ustadz yang dijadwalkan secara bergilir. Sebagai penanggungjawab kegiatan adalah Wakil Ketua KNPI Langsa bidang keagamaan, dibantu sejumlah pengurus lainnya.

Sebagai informasi, sebut Zulfan, pengajian rutin dilaksanakan setiap Jumat malam sekira pukul 20.30 hingga 22.00 WIB.

"Kita mengajak semua pemuda Kota Langsa untuk dapat mengikuti pengajian rutin ini. Pemuda masa depan harus mampu menerjemahkan Islam secara kekinian," katanya.


Pewarta: Putra Zulfirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018