Langsa (Antaranews Aceh) - SMPN 3 Langsa, Kota Langsa, Provinsi Aceh, menargetkan perolehan medali emas pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, Juli 2018.

Kepala SMPN 3 Langsa, Sopian Hamid di Langsa, Jumat menuturkan, pihaknya memang memiliki target meraih satu medali emas tingkat nasional dari tiga medali yang diperbutkan.

Untuk tingkat sekolah menengah pertama, kata Sopian, mata pelajaran yang diperlombakan adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

"Harapan kita bisa meraih satu medali emas di OSN tingkat nasional. Kita terus mempersiapkan diri untuk itu," sebut Ketua PGRI Kota Langsa tersebut.

Untuk mencapai emas, lanjut dia, tentu sebelumnya harus meraih dua medali emas di tingkat provinsi.

"Tentu kita harus raih emas di provinsi terlebih dahulu, minimal dua medali dari tiga yang diperebutkan," ungkapnya.

Dijelaskan, SMPN 3 Langsa mempersiapkan 30 orang siswa guna mengikuti OSN mendatang. Masing-masing mata pelajaran yakni matematika, IPS, dan IPA, dialokasikan 10 orang siswa.

Sopian menyebutkan, pihaknya terus mempersiapkan siswanya melalui bimbingan dan pelatihan intensif secara terus menerus, dibawah bimbingan guru dan pelatih khusus untuk itu.

Dikatakan, strategi meraih emas di tingkat nasional adalah mencapai target passing great yang telah ditentukan dalam petunjuk teknis perlombaan OSN.

Ia mengumpamakan, terdapat 50 soal uji untuk mata pelajaran IPA. Dimana, nilai passing great yang ditentukan adalah 80. Karenanya, siswa harus berusaha mencapai nilai tersebut.

"Dengan capaian passing great. Maka semakin terbuka peluang untuk mengirimkan banyak peserta ke ajang OSN nasional," kata Sopian.

Sebelum melaju ketahapan nasional, Sopian menjelaskan, ada beberapa lomba atau seleksi yang harus diikuti yakni; OSN tingkat kabupaten/kota yang sesuai jadwal dilaksanakan pada tanggal 24 Maret mendatang.

Selanjutnya, tanggal 29 Maret diumumkan pemenang seleksi tingkat kabupaten/kota, agar bisa melakukan pendaftaran daring (registrasi secara online), sampai batas akhir tanggal 11 April, untuk mengikuti OSN tingkat provinsi yang dijadwalkan pada 21 April 2018.

"Jika berhasil meraih medali tingkat provinsi. Maka akan berlomba ditingkat nasional pada 1-7 Juli 2018, di Padang, Sumatera Barat," urai Sopian Hamid.

Menurut dia, OSN menjadi penting karena memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya mata pelajaran matematika, IPA dan IPS yang berasaskan pendidikan karakter.

Selain itu, memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa agar meningkatkan prestasi belajar. Seterusnya, menumbuhkembangkan siswa berfikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan kelak.

Disamping menanamkan kesadaran dan keberanian siswa, untuk mencoba belajar secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal.

"Tujuan lainnya sebagai upaya memetakan kemampuan siswa sesuai standar mutu pendidikan nasional," ulas Sopian.

Terakhir, mantan Sekretaris KNPI Kota Langsa ini, memohon dukungan semua pihak agar capaian target perolehan satu medali emas OSN tingkat nasional bisa terwujud.

"Kami mohon doa dan dukungan semua pihak. Terlebih dukungan penuh para orangtua siswa, agar harapan besar ini mampu kita gapai demi kemajuan siswa, sekolah dan daerah," harap dia.

Pewarta: Putra Zulfirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018