Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 380 Siswa SMA Sederajat dari Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah mengikuti simulasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dipusatkan di SMPN 1 Takengon, Minggu.

"Kegiatan simulasi SBMPTN di Aceh Tengah merupakan tahun keenam yang diselenggarakan dalam upaya mengetahui berbagai aspek tentang seleksi SBMPTN," kata Ketua Panitia, Rahmi Wahyuni di Takengon, Minggu.

Ia menjelaskan kegiatan simulasi tersebut diselenggarakan oleh Forum Pendidikan Mahasiswa Aceh Tengah (FOMAT) yang sedang mengikuti kuliah di berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Ia menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan tersbeut juga bertujuan untuk mengetahui terhadap kisi-kisi soal dan tips serta trik agar bisa lulus SBMPTN bagi siswa-siswi yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar di sela-sela membuka kegiatan tersebut berharap simulasi yang diselenggarakan tersebut dapat menjadi tolok ukur kemampuan siswa sebelum mengikuti SBMPTN sebenarnya.

"Walaupun ini hanya simulasi tapi harus diikuti dengan sungguh-sungguh, karena hasilnya jadi tolok ukur kemampuan siswa sebelum SBMPTN," kata Shabela.

Ia meyakini dengan adanya kegiatan tersebut akan memberikan gambaran dan membantu siswa siswi serta memudahkan mereka saat SBMPTN tersebut berlangsung karena mereka telah mengetahui tata cara pelaksanaannya dan tinggal saja peserta didik untuk terus belajar terhadap berbagai pengetahuan yang akan menjadi bahan uji dalam seleksi tersebut.

Kegiatan simulasi yang berlangsung selama satu hari, selain mengerjakan soal para peserta juga akan mendapatkan penjelasan dari soal-soal yang dibahas.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018