Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Aceh Sahidal Kastri menyatakan bergabungnya sebanyak 584 Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dari 22 kabupaten dan kota membantu tugas lembaga tersebut.

"Alhamdulillah dengan bergabungnya KKBPK ke BKKBN sangat membantu tugas kami di seluruh kabupaten/kota di Aceh dalam memberikan penyuluhan dan penerangan terhadap berbagai program BKKBN," kata Sahidal di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pelantikan lima ratusan Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari 22 kabupaten/kota di Aceh yang berlangsung di halaman depan kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh.

Ia menjelaskan, para penyuluh yang ditempatkan di seluruh kabupaten/kota tersebut sekembali ke daerah dapat bekerja optimal dalam memberikan berbagai penyuluhan serta informasi dalam mencerdaskan masyarakat terutama dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

"Salah satu tugas mereka adalah memberikan penyuluhan dan mengajak masyarakat serta memberikan penerangan secara perlahan lahan seperti mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warrahmah," katanya.

Menurut dia, dalam melakukan penyuluhan tersebut ia berpesan agar para penyuluh dapat melakukan pendekatan yang baik dan melakukan sosialisasi bertahap sehingga apa yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat di mana penyuluh tersebut bertugas.

"Memang ini tidak akan berubah secara cepat, tapi harus secara pelan-pelan dengan tetap membangun komunikasi yang baik dan penyuluh juga harus menjadi contoh bagi masyarakat lainnya," katanya. 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018