Kutacane (Antaranews Aceh) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Kutacane, Aceh Tenggara, mengaku belum menyalurkan beras sejahtera (rastra) untuk tahun 2018.

Kepala Perum Bulog Subdivre Kutacane, Hamdani di Kutacane, Selasa, mengatakan, pihaknya hingga kini belum menerima surat terkait penyaluran rastra dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara.

"Stok untuk penyaluran rastra kita ada, dan dalam kondisi cukup di gudang. Kapan pun kami siap menyalurkan rastra, namun pemkab belum mengeluarkan jadwal penyalurannya," terang dia.

Ia melanjutkan kondisi tersebut telah mengakibatkan 12.297 keluarga penerima manfaat rastra yang telah diubah menjadi bantuan sosial (bansos) rastra tahun 2018 walau telah berjalan satu bulan lebih.

Namun informasi terakhir yang didapat pihaknya dari pemkab setempat menyebut program pemerintah melalui Kementerian Sosial akan mulai disalurkan pekan ini juga.

Data terakhir Bulog Divre Aceh menyebut, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos rastra di provinsi tersebut untuk tahun 2018 sebanyak 379.633 KPM atau berkurang 1.817 KPM dari tahun 2017.

"Bulan ini, kami sangat berharap dapat segera menyalurkan bansos rastra kepada penerima manfaat. Untuk kabupaten/kota di Aceh, sebagian besar telah salurkan rastra ini," kata Hamdani.

Kepala Perum Bulog Divre Aceh, Basirun bulan lalu mengatakan hingga Kamis (25/1), jumlah penyaluran bansos rastra mencapai 628.500 kilogram sesuai data yang telah dikeluarkan pihaknya.

Ia merinci sejumlah kabupaten/kota di Aceh yang sudah mulai menyalurkan seperti Banda Aceh, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Barat, Nagan Raya dan Pidie.

"Kepada daerah yang belum, agar segera menyalurkan beras rastra. Beras ini sangat dibutuhkan keluarga penerima manfaat," tuturnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani akhir 2017, mengatakan pemerintah siap menyalurkan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dan program beras sejahtera untuk tahun 2018.

"Data keluarga penerima manfaat `by name, by address` telah diserahkan oleh Kemensos kepada bank penyalur disertai dengan Berita Acara Serah Terima," jelas Menko Puan.

Puan menambahkan perluasan penyaluran BPNT tahun 2018 akan dilaksanakan dalam empat tahap, yakni tahap pertama pada Februari, tahap kedua pada Maret, tahap tiga pada Juli dan tahap empat pada Agustus.

Total KPM program bansos pangan adalah sebesar 15.498.936 KPM yang tersebar di 514 kabupaten/kota.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018