Langsa (Antaranews Aceh) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa akan menggelar lomba karya tulis terkait pembangunan kota tersebut, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Ketua PWI Kota Langsa, Bahtiar Husien di Langsa, Selasa mengatakan, pihaknya akan menggelar lomba karya tulis dengan tiga kategori, yakni umum, siswa dan wartatan.

"Fokus kita pada tema pembangunan daerah. Harapannya, masyarakat bisa memberikan masukan, kritik konstruktif dan turut dalam upaya pembangunan daerah melalui tulisannya," kata Bahtiar.

Dijelaskan, kategori umum ditujukan kepada seluruh khalayak baik akademisi, karyawan, mahasiswa maupun masyarakat lainnya, sedangkan kategori siswa dikhususkan kepada siswa sekolah menengah pertama dan tingkat atas.

Sementara, kategori wartawan difokuskan kepada para jurnalis yang melakukan liputan di Kota Langsa. Tulisan juru warta tersebut harus dimuat pada medianya bekerja, baik cetak, online maupun TV.

"Semua tulisan yang diikutkan pada lomba tersebut harus karya orisinil penulis. Panitia nantinya akan menyusun persyaratan yang harus dipenuhi peserta dan kreteria penilaian serta menentukan dewan juri dari unsur akademisi, praktisi sosial kemasyarakatan dan jurnalis senior," papar Bahtiar.

Dikatakan, pelaksanaan lomba karya tulis tersebut direncanakan pada bulan Februari-Maret 2018. Dimana, setiap karya tulis yang dikirim peserta, nantinya akan dijadikan sebuah kumpulan dalam bentuk buku.

"Semua yang masuk ke panitia nantinya akan dikumpulkan dan dijadikan satu buku. Diserahkan kepada pemerintah daerah sebagai bentuk konstribusi pemikiran masyarakat terkait pembangunan Kota Langsa ke depannya," ulas alumnus pasca sarjana IAIN Sumatera Utara tersebut.

Bahtiar menyebutkan, sebagai panitia pelaksana lomba karya tulis dalam rangka HPN 2018, ditujuk Putra Zulfirman selaku ketua panitia, dibantu sejumlah pengurus PWI Kota Langsa lainnya.

Pihaknya, lanjut dia, akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Langsa maupun perusahaan lain yang berada di daerah itu, guna menyukseskan lomba dimaksud.

Pewarta: Putra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018