Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kota Banda Aceh memasang target mempertahankan gelar juara umum pada Pekan olahraga Aceh (PORA) XIII yang akan digelar di Kabupaten Aceh Besar, 18 - 25 November 2018.

Ketua Umum KONI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqny kepada wartawan di Banda Aceh, Sabtu menyebutkan untuk mempertahankan gelar juara umum pada multieven olahraga empat tahunan di Aceh, pihaknya mempersiapkan 300 atlet putra dan putri.

Katanya, para atlet yang dipersiapkan tersebut berasal dari cabang olahraga yang lolos prakualifikasi pada pekan olahraga Aceh (Pra PORA) tahun lalu.

Qamaruzzaman menjelaskan, dari pra PORA tersebut Kota Banda Aceh meloloskan 300 atlet dari 27 cabang olahraga ke PORA, sedangkan di pesta olahraga Aceh nanti mempertandingkan 29 cabang.

"Kita hanya di cabang sepakbola yang gagal lolos PORA dan tenis lapangan tidak mengikuti Pra PORA," jelasnya lagi.

Baca juga: Venue PORA ditargetkan rampung Oktober

Sebutnya, ada sejumlah cabang olahraga yang menjadi andalan Banda Aceh untuk mendulang banyak medali di PORA nanti yaitu karate, muathay, panahan, atletik, angkat berat (angkat besi), anggar dan catur.

Ditanya bagaimana persiapan atlet, Qamaruzzaman menjelaskan untuk fokus persiapan melalui pemusatan latihan akan dimulai akhir Juni.

"Karena PORA dilaksanakan pada 18 hingga 25 November 2018, dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan maka kita akan fokus persiapan setelah Hari Raya Idul Fitri," terangnya.

Begitupun selama ini para atlet mempersiapkan diri melalui latihan rutin di masing-masing pengurus cabang olahraga.

Baca juga: Aceh Besar bina 18 petinju PORA

Kota Banda Aceh dalam kiprahnya di PORA yang sudah 12 kali dilaksanakan selalu menjadi juara umum, pertama di Porprov (dulu) XI/2010 di Bireuen gagal mempertahankan juara umum, namun pada PORA (sebutan baru) XII/2014 di Aceh Timur kembali meraih juara umum.

Sementara itu, PORA XIII yang dipusatkan di Kota Jantho, Aceh Besar, mempertandingkan 29 cabang olahraga yaitu atletik, anggar, angkat besi, arung jeram, balap sepeda, balap motor, bulutangkis, bola voli, bola basket, catur, dayung, drum band.

Selanjutnya futsal, karate, kempo, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, sepakbola, sepak takraw, selam, tarung derajat, taekwondo, tenis meja, tenis lapangan dan tinju.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018