Lambaro (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar membina secara serius para atlet voli untuk pembentukan tim putra yang dipersiapkan menghadapi Pekan olahraga pelajar daerah (Popda) Aceh yang akan digelar di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Mei 2018.

Pelatih voli Popda Aceh Besar, Muktar kepada wartawan di Lambaro, Kamis menyebutkan sebanyak 16 atlet voli putra saat ini sedang menjalani pembinaan melalui latihan rutin di lapangan voli Garpu, Lambaro.

Muktar mengungkapkan para pebolavoli pelajar tersebut direkrut dari seleksi yang diadakan enam bulan lalu.

"Mereka masih pelajar SMA kelas satu dan kelas dua, kelahiran tahun 2001 hingga 2003. Tinggi mereka rata-rata 165 centi meter," jelasnya.

Baca juga: 631 atlet pelajar ikuti seleksi Popda Banda Aceh

"Ini pembinaan dari Dispora Aceh Besar terhadap para atlet dalam persiapan berjalan dengan jadwal latihan tiga kali seminggu yaitu Rabu, Kamis dan Sabtu," kata Muktar yang juga pelatih voli tim PORA Aceh Besar ini.

Sebutnya, dalam persiapan berjalan ini fokus latihan meliputi strategi, teknik dan mental. Saati ini masih latihan teknik di antaranya servis, passing dan smas.

Dijelaskannya, dalam latihan berjalan ini juga menjadi ajang seleksi, sehingga nanti tinggal 10 pemain yang masuk dalam tim untuk mengikuti Popda.

Ia menyebutkan pemusatan latihan atau traning centre (TC) penuh akan dilaksanakan pertengahan Maret 2018 di lapangan voli Garpu, Lambaro, Aceh Besar.

Ditanya target, Muktar menyatakan tim voli Aceh Besar menargetkan medali emas di multi even olahraga pelajar Aceh nanti.

Baca juga: Banda Aceh Targetkan Juara Umum Popda

Begitupun ia menganggap semua lawan berat, namun saingan yang diperhitungkan adalah Banda Aceh, Kabupaten Bireuen dan Kota Lhokseumawe.

"Pada Popda dua tahun lalu kita meraih medali emas di tim putri. Namun kali ini kita tidak ikutkan karena potensinya belum ada, sedangkan tim putra hanya sampai babak penyisihan, karena persiapan tim putra saat itu waktunya singkat," ujarnya.

Katanya, persiapan tim putra saat ini waktu cukup, sehingga bisa menyiapkan tim yang solid guna mencapai target meraih medali emas.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018