Singkil (Antaranews Aceh) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil membuka pendaftaran rekruitment petugas haji tahun 2018 dengan jadwal pendaftaran mulai dari 20 sampai 25 Maret 2018.

Kepala Kepala Seksi Penyelenggraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Suhardiman kepada wartawan di Singkil, Selasa mengatakan, rekruitmen tersebut berdasarkan surat dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh yang isinya menyampaikan kepada kepala Kemenag Kabupaten/ kota untuk menyiapkan calon petugas haji kloter dan PPIH Arab Saudi tahun 1439 H/ 2018 M.

Dalam lampiran surat tersebut disampaikan jadwal dan sekaligus syarat-syarat pendaftaran petugas haji, sehingga untuk menindaklanjuti surat tersebut mulai hari ini Selasa (20/3) sudah membuka pendaftaran petugas haji kloter dan PPIH Arab Saudi.

Suhardiman yang juga Ketua Panitia Rekrutment Petugas Haji itu menjelaskan, semua satuan kerja di bawah Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil sudah disurati terkait rekruitment petugas haji tersebut agar pegawai /ASN di Satker Madrasah dan KUA bisa mengetahui informasi tersebut.

Sedangkan untuk diluar instansi Kementerian Agama, sambungnya, pihaknya juga sudah menyampaikan baik melalui media sosial dan pengumuman juga sudah ditempel di halaman Kantor Kementerian Agama Aceh Singkil.

Suhardiman mengatakan, formasi petugas yang dibuka yakni TPHI ( tim pemandu haji Indonesia ), TPIHI ( tim pembimbing ibadah haji Indonesia ) dan PPIH ( panitia penyelenggraan haji Indonesia). Untuk syarat pendaftaran bisa datang langsung ke Kantor Kementerian Agama Aceh Singkil.

Dikatakan, untuk jadwal rekruitmen petugas haji tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 20 - 25 Maret 2018 penerimaan pendaftaran tes TK Kanwil dan kabupaten kota, (seleksi administrasi ) pada tanggal 27 Maret pengumuman peserta yang berhak mengikuti tes TK Kanwil dan kabupaten/kota, kemudian tanggal 29 Maret dilaksanakan tes kompetensi tertulis TK Kanwil dan kabupaten kota.

Kemudian pada tanggal 2 sampai dengan 6 April 2018 rekap hasil tes administrasi dan kompetensi calon petugas haji diserahkan panitia tingkat Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Aceh.

Kemudian pada 9 Maret pengumuman peserta yang berhak mengikuti tes tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. Untuk tahun ini ujian di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Aceh dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT (computer assested tes).

Untuk praktek dan wawancara tingkat Kanwil Provinsi Aceh dilaksanakan pada 12 April 2018. Dan hasil tes praktek dan wawancara diumumkan pada tanggal 15 April 2018.

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018