Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengungkapkan pengembangan sektor pariwisata diyakini mampu mengatasi kemiskinan dan pengangguran di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

"Pengembangan sektor pariwisata merupakan jalur cepat untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan pengangguran yang masih ada di Kota Banda Aceh," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Kamis.

Selain itu, mantan Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh ini juga mengungkapkan keyakinannya jika Banda Aceh fokus mengembangkan sektor pariwisata, maka akan dapat mempercepat pembangunan ekonomi.

Aminullah Usman mengatakan, semua daerah di Indonesia saat ini sedang menggalakkan dan mengembangkan sektor pariwisata. Sebab, pariwisata memberi dampak multiefek terhadap perekonomian masyarakat.

Dengan meningkatnya perekonomian masyarakat, lanjut dia, ketergantungan pembangunan dari anggaran daerah akan semakin berkurang, sehingga anggaran daerah yang ada bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya.

"Pembangunan Kota Banda Aceh masih sangat tergantung pada anggaran daerah. Tapi, di kota lain, misalnya Bandung, sudah tak terlalu memikirkan anggaran daerah. Mereka fokus pada pengembangan sektor pariwisata, perdagangan, dan lainnya," kata dia.

Oleh karena itu, Wali Kota mengajak semua elemen birokrasi dan masyarakat untuk memajukan sektor pariwisata. Kemajuan sektor pariwisata ini akan memperkuat perekonomian masyarakat.

"Dengan kuatnya perekonomian masyarakat, maka Kota Banda Aceh secara perlahan bisa keluar dari ketergantungan anggaran daerah dalam membangun ibu kota Provinsi Aceh ini," pungkas Aminullah Usman.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018