Meulaboh (Antaranews Aceh) - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD-II KNPI) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengadakan pelatihan kewirausahaan guna meningkatkan sumber daya manusia pemuda daerah setempat.

Wakil Ketua Organisasi KNPI Aceh Barat, Baharuddin Bahari, di Meulaboh, Sabtu, mengatakan, puluhan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan perwakilan pemuda-pemudi yang mewakili 12 kecamatan daerah setempat.

"Peserta yang mengikuti selama kegiatan ini merupakan pemuda-pemuda yang mengwakili 12 kecamatan dalam ruang lingkup Kabupaten Aceh Barat. Kegiatan ini berlansung selama dua hari, sejak hari ini (Minggu) sampai 1 April 2018,"katanya.

Kegiatan pelatihan kewirausahaan selama dua hari itu diisi oleh pemateri/ narasumber yang handal, baik dari kalangan akademisi maupun pengusaha yang dinilai telah berhasil dalam membangun dunia usaha secara mandiri.

Baharuddin dalam sambutannya menyampaikan, melalui kegiatan ini akan memberikan motivasi pemuda-pemuda daerah setempat untuk mandiri berwirausaha, dengan demikian akan mampu mengelola usahanya sesuai standar managemen bisnis.

Kegiatan mengusung tema "Menciptakan pemuda yang mampu melihat peluang pasar", Itu merupakan salah satu program DPD-II KNPI Aceh Barat pengurus periode 2018-2022, besar harapan kegiatan itu bermanfaat untuk pemuda setempat.

"Kegiatan ini bisa memotivasi pemuda-pemuda yang mau membuka usaha sendiri serta mampu mengelola usahanya sesuai dengan standar manajemen bisnis. Sehingga progres pengembangan dan kemandirian pemuda-pemuda bisa terwujud,"imbuhnya.

Kegiatan tersebut bekerjasama dan dilaksanakan di Aula Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Aceh Barat, dengan peserta berjumlah 50 orang itu diharapkan berhasil menjadi pengusaha untuk ke depannya.

Kepala Disparbudpora, Aceh Barat, Teuku Novizar, dalam sambutannya menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan kepemudaan seperti demikian, pemuda memang sudah seharusnya menjadi motor penggerak pembangunan regional dan nasional.

Dia berkata, peran pemuda sangat penting untuk mewujudkan mewujudkan Kabupaten Aceh Barat daerah yang islami, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan yang transparan, kredibel serta terintegritas.

"Pemuda sebagai generasi bangsa harus menjadi motor penggerak pembangunan dengan mengedepankan peran generasi muda yang berintelektual dan religius dan mampu mengembangkan sikap kritis dan solutif,"demikian T Novizar.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018