Nagan Raya (Antaranews Aceh) - Jajaran TNI Kodim 0116/Nagan Raya (Nara), Provinsi Aceh melaksanakan penanaman perdana pengelolaan jeruk terpadu untuk memberi contoh kepada masyarakat mengembangkan komoditas bernilai ekonomis.

Komandan Kodim 0116/Nara Letkol Kav Mochamad Wahyudi, di Nagan Raya, Selasa, mengatakan, adapun jenis jeruk ditanam merupakan komoditas kualitas impor seperti, jeruk lemon varietas eureka, california, seedless dan varietas squash.

"Adapun jenis-jenis jeruk yang ditanam pada lahan seluas lebih kurang 10 hektare tersebut adalah jeruk kualitas impor atau unggul," sebutnya dalam pesan tertulis yang diterima wartawan usai kegiatan penanaman itu.

Penanaman perdana jeruk terpadu Kodim 0116/Nagan Raya selesai pukul 12.00 WIB dalam keadaan aman dan lancar, pada penanaman jeruk dikebun seluas 10 hektare itu dihadiri sekitar 25 peserta dari jajaran TNI wilayah setempat.

Sebelum pelaksanaan kegiatan di Desa Seumambek, Kecamatan Suka Makmue itu, diawali dengan ritual "peusijuk" atau tepung tawar untuk keselamatan bersama, penanaman jeruk dipimpin langsung oleh Dandim Letkol Kav Mochamad Wahyudi.

"Penanaman jeruk lemon tersebut bertujuan untuk memotifasi masyarakat dalam pertanian jeruk secara terpadu sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," sebut Dandim.

Pengelolaan kebun jeruk terpadu ini dimulai dari penyiapan bibit seperti penyemaian dan okulasi yang nantinya akan diawasi oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya.

Dengan demikian diharapkan, kemurnian varietas jeruk lemon yang ditanam secara bersama-sama itu dapat terjaga melalui pemeriksaan lapangan dan pemeriksaan asal usul bibit di kawasan setempat.

 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018