Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Sembilan prajurit Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Provinsi Aceh, dimandikan kembang sebagai bagian dari tradisi kenaikan pangkat didalam korps TNI AL tersebut, Kamis.

Upacara kenaikan pangkat satu tingkat tersebut dilakukan di Lapangan Mako Lanal Lhokseumawe, dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal yang diikuti oleh seluruh perwira dan prajurit.

Ke-9 prajurit Lanal yang naik pangkat tersebut terdiri dari Serka ke Serma 1 orang, Sertu ke Serka 1 orang, Serda ke Sertu 1 orang, dari Kopda ke Koptu 5 orang dan dari Kik ke Kopda 1 orang.

Dalam tradisi yang berlaku, anggota TNI AL yang telah dinyatakan naik pangkat, selain dilakukan dengan sebuah upacara militer, dengan memasang pangkat, juga dimandikan kembang beraneka ragam.

Mandi kembang diawali oleh Dan Lanal Lhokseumawe, kemudian dilanjutkan oleh perwira lainnya dan juga oleh istri dari prajurit yang bersangkutan.

Prosesi mandi kembang ini, dilakukan dengan menumpahkan air keatas ubun-ubun kepala secara pelan-pelan dan membasahi semua seragam yang dikenakan oleh prajurit.

Dalam amanatnya, Dan Lanal Kol Laut (P) M Sjamsul Rizal mengatakan, kenaikan pangkat merupakan suatu kehormatan bagi prajurit dan patut disyukuri.

"Karena kenaikan pangkat itu diberikan kepada setiap prajurit TNI AL yang telah mampu menunjukan prestasi, dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang tinggi sesuai dengan tugas yang diembankan negara kepadanya," ujarnya.

Kenaikan pangkat bukan merupakan suatu hadiah, melainkan suatu kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara, katanya.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018