Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menuntut komitmen dokter spesialis paru di provinsi itu meningkatkan kemampuan dan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami meminta dan menuntut komitmen dokter paru meningkat kapasitas dan kualitas pelayanannya kepada masyarakat," pinta Wagub Aceh Nova Iriansyah di Banda Aceh, Sabtu.

Wagub Aceh Nova Iriansyah menyatakan hal tersebut pada Pertemuan Ilmiah Respirasi Aceh (PIRA) V yang digelar Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Cabang Aceh.

Nova Iriansyah mengatakan, Aceh termasuk wilayah dengan prevalensi penyakit paru yang tinggi. Kondisi ini diperparah dengan gaya hidup yang mengabaikan kesehatan, di antaranya kecanduan merokok.

Oleh karena itu, sebut dia, Pemerintah Aceh memberikan perhatian serius terhadap penyakit paru tersebut. Termasuk mendukung dan mendorong dokter paru yang bertugas di Aceh untuk terus meningkatkan kapasitas dokter paru.

"Dukungan yang diberikan ini tentu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Di mana kesehatan merupakan program prioritas dan yang pertama harus direalisasikan," ungkap mantan Anggota DPR RI tersebut.

Terkait dengan pelaksanaan Pertemuan Ilmiah Respirasi Aceh (PIRA) V yang digelar Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Cabang Aceh, mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut.

Pertemuan ilmiah tersebut juga bagian dari upaya meningkatkan kapasitas dokter maupun tenaga medis bagian paru. Dengan demikian, turut meningkatkan pula pelayanan kepada masyarakat.

"Pertemuan ilmiah ini langkah konkret untuk pengembangan penanganan penyakit paru. Dan pertemuan ilmiah tersebut diharapkan merupakan bagian dari komitmen dokter paru terhadap kontribusinya kepada masyarakat Aceh," kata Nova Iriansyah.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018