Meulaboh (Antaranews Aceh) - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Meureubo, melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di kampus Teuku Umar (UTU) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

"Ini pengalaman pertama dan tahun pertama bagi SMAN 1 Meureubo mengikuti UNBK, tentunya anak-anak kita ini perlu kita yakinkan bahwa mereka bisa dan mampu,"kata Kepala SMAN 1 Meureubo, Mukhsin, S.Pd di Meulaboh, Senin.

Kegiatan UNBK yang diikuti oleh siswa pada kampus tersebut dilaksanakan serentak di Indonesia, pihak sekolah itu terpaksa mencarikan tempat yang tersedia fasilitas pendukung untuk menyukseskan ujian akhir bagi pelajar daerah setempat.

Jumlah siswa peserta UNBK 2017/ 2018 dari sekolah mereka sebanyak 102 orang, kemudian pelaksanaan ujian dilaksanakan dalam tiga sesi, satu sesi dibagi 43 orang, menyesuaikan dengan ketersediaan fasilitas yang dimiliki oleh kampus UTU.
 


Mukhsin, menyampaikan, pihaknya meyakinkan kepada siswa peserta ujian mampu menggunakan perangkat lunak serta fasilitas ujian dengan komputer, sebab selama ini sekolah mereka tidak tersedia lengkap fasilitas seperti demikian.

"Alhamdulillah kita laksanakan hari ini tiga gelombang, sesi pertama dan kedua sudah selesai dan sukses. Saat ini sesi ketiga dengan jumlah peserta 34 orang. UNBK dilaksanakan empat hari, mulai Senin sampai Kamis,"tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan, mata pelajaran yang diikuti seluruh siswa tersebut sesuai dengan agenda nasional, untuk hari pertama yakni Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika dan hari ketiga Bahasa Ingris.

Untuk mata pelajaran pilihan ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa memilih seperti Biologi, Fisika dan Kimia, sementara untuk mata pelajaran pilihan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) banyak siswa memilih Ekonomi, Sosiologi dan Geografi.

Pelaksanaan UNBK tingkat SMA/ Madrasah Aliah (MA) di Kabupaten Aceh Barat diikuti sebanyak 2.228 siswa, 56 sekolah daerah setempat, pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2017/ 2018 berlangsung sejak 9 - 12 April 2018.

 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018