Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh Muhammad Amin menyatakan siap untuk mendidik anak di seluruh provinsi itu guna menjadi wirausaha muda sektor pertanian.

"Kita memberikan kesempatan kepada seluruh lulusan SMP/sederajat di Aceh untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dengan mendaftar sebagai salah satu calon siswa baru di SMK PP Negeri Saree," kata Muhammad Amin di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan pada tahun 2018 pihaknya akan menerima sebanyak 180 siswa baru untuk beberapa jurusan favorit yang ada di SMK PP Negeri Saree dengan masa pendaftaran akan berakhir pada 20 April.

"Kami berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan anak-anak di Aceh yang memiliki minat dan jiwa untuk mengembangkan potensi pertanian yang tersebar di seluruh pelosok," kata Muhammad Amin.

Menurut dia siswa yang belajar saat ini berasal dari berbagai daerah yang ada di seluruh Aceh dan setiap tahun minat lulusan SMP/sederajat untuk melanjutkan studi di sekolah kejuruan Pembangunan Pertanian Negeri Saree tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Alhamdulillah animo lulusan SMP/sederajat yang mendaftar terus terjadi peningkatan dan untuk tahun ini sudah mendaftar sebanyak 240 orang dari yang dibutuhkan sebanyak 180 orang," katanya.

Ia mengatakan dalam pembelajaran pihaknya melakukan berbagai inovasi memadukan dengan berbagai teknologi terbaru dalam pengembangan sektor pertanian dan peternakan.

"Artinya kita terus melakukan berbagai inovasi dan pengembangan ilmu sehingga peserta didik yang ada mampu menjadi wirausaha mudan dan menjadi agen dalam pengembangan sektor pertanian saat kembali ke daerah asal," katanya.

Ia menambahkan SMK PP Negeri Saree memiliki enam jurusan diantaranya agribisnis tanaman pangan dan hortikultura, agribisnis perkebunan, pemuliaan dan pembenihan tanaman, peternakan dan agribisnis pengolahan hasil pertanian.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018