Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 400 mahasiswa dan mahasiswi akan meramaikan pagelaran pertandingan olahraga dan lomba seni se Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Games III yang akan digelar di Banda Aceh, 23 - 29 April 2018.

Ketua Panitia, Drs. M Nasir Ibrahim kepada wartawan di Banda Aceh Minggu mengatakan, Unsyiah Games merupakan agenda tahunan kompetisi olahraga dan seni di Unsyiah, sekaligus menyambut dies natalis perguruan tinggi tersebut.

Nasir mengungkapkan pagelaran Unsyiah Games ini akan dibuka Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal, M.Eng, Senin (23/4) pagi di lapangan gelanggang mahasiswa Prof A Majid Ibrahim.

Nasir yang juga Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah ini menjelaskan, dalam Unsyiah Games ini ada 14 tangkai seni yang diperlombakan dan 7 cabang olahraga yang dipertandingkan. Diikuti 14 fakultas dan program studi di luar kampus utama (PSDKU) Gayo Lues dalam lingkup Unsyiah.

Ia menyebutkan, pelaksanaan Unsyiah Games di tahun genap tahun ini, lebih banyak perlombaan seni karena ada kelanjutannya ke pekan seni mahasiswa/mahasiswi tingkat daerah (Peksimida) dan Peksiminas.

"Kalau di tahun ganjil lebih banyak cabang olahraga yang dipertandingkan karena kelanjutannya ke pekan olahraga mahasiswa daerah (Pomda) dan Pomnas," jelasnya.

"Jadi tahun ini pagelaran pertandingan cabang olahraga di Unsyiah Games sebagai ajang pelaksanaan program pembinaan," ucapnya.

Sebutnya, untuk tangkai seni yang diperlombakan yaitu pop singer, dangdut putra - putri, baca puisi, monolog, lukis, komik strip, desain poster, fotografi hitam-putih dan warna. Penulisan puisi, Cerpen, penulisan lakon. Lomba seni akan diikuti 150 peserta.

Sedangkan tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu bulutangkis (mempertandingkan 5 nomor) catur (8 nomor), kempo (6), petanque (9), tarung derajat (8), tenis lapangan (5) dan basket satu nomor. Pertandingan cabang olahraga akan diikuti 250 atlet.

Semua kegiatan perlombaan seni dan pertandingan olahraga akan dilaksanakan di lingkungan Unsyiah, Darussalam, sedangkan perlombaan dan pertadingan akan dimulai, Senin 23 April 2018.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018