Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Komisi D DPRK Banda Aceh memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sejumlah sekolah menengah pertama di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Sabri Badruddin di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, pemantauan pelaksanaan UNBK untuk melihat langsung bagaimana proses ujian serta kendala yang dihadapi.

"Hasil pantauan kami, pelaksanaan ujian berlangsung lancar. Pelaksanaan UNBK yang kami pantau di dua sekolah, yakni SMPN 7 dan SMP 15," kata Sabri Badruddin.

Dalam pemantauan tersebut, Sabri Badruddin didampingi Sekretaris Komisi D DPRK Banda Aceh Bunyamin serta Mukminan dan Teuku Iqbal Djohan masing-masing sebagai anggota. Turut mendampingi Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Amiruddin.

Sabri Badruddin mengatakan, UNBK yang dipantau tersebut di sekolah yang sebelumnya sarana dan prasarana masih kurang. Di mana pada tahun sebelumnya, sekolah yang dikunjungi tersebut melaksanakan ujian di tempat lain.

"Misalnya SMPN 7 Banda Aceh, tahun lalu ujiannya menumpang di SMAN 4 Banda Aceh. Namun, tahun ini UNBK dilaksanakan di tempat sendiri," kata Sabri Badruddin mengungkapkan.

Selain itu, politisi Partai Golkar tersebut mengharapkan lembaga pendidikan kesungguhan memenuhi kebutuhan peserta didik agar hasil UNBK yang dicapai bisa lebih maksimal.

"Kami juga mengharapkan perhatian dari Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh memperhatikan kebutuhan sekolah, khususnya yang berada di pinggiran, seperti SMPN 15," kata Sabri Badruddin.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Amiruddin mengataka3.251 siswa ikut UNBK di Langsa

                                                                                                                     Langsa
Sebanyak 3.251 orang siswa tingkat SMP sederajat mengikuti UNBK yang dilaksanakan pada sejumlah sekolah di Kota Langsa, Propinsi Aceh, sejak 23-26 April 2018.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Syaifuddin Razali menuturkan, terdapat 3.251 siswa mengikuti UNBK tingkat SMP sederajat tahun 2018 dan sejauh ini pelaksanaannya berlangsung lancar.

"Meski sempat ada perbaikan jaringan perangkat pada hari pertama, seluruh tahapan UNBK dipastikan lancar," ucapnya.

Syaifuddin mengatakan, dirinya bersama Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid, meninjau langsung pelaksanaan UNBK disejumlah sekolah seperti, SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5 dan SMPN 9 Kota Langsa.

"Pagi tadi saya bersama Pak Wakil Walikota meninjau pelaksanaan UNBK, alhamdulillah lancar. Harapan kita para siswa fokus pada ujian tersebut," ungkapnya.

Sementara, Kabid Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa,Muhammad Yusuf menerangkan, peserta UNBK terdiri dari 2125 orang siswa SMP dan 1126 siswa MTsN.

Ia menjelaskan, pelaksanaan UNBK di Langsa berlangsung seratus persen. Yakni seluruh sekolah mengikuti ujian berbasis komputer.

Adapun mata pelajar yang diujiankan meliputi, Bahasa Indoensia (Senin, 23/4), Bahasa Inggris (Selasa, 24/4), Matematika (Rabu, 25/4) dan Ilmu Pengetahuan Alam pada Kamis (27/4).

Terpisah, Kepala SMPN 3 Langsa, Sopian Hamid mengatakan, pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut terdapat tiga sesi yakni pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB dan terakhir 14.00 WIB.

Lanjut dia, sesi pertama diikuti 124 orang siswa, sesi kedua 123 dan sesi ketiga 123, sehingga jumlah siswa SMPN 3 Langsa yang mengikuti UNBK sebanyak 370 siswa, dengan rincian 186 siswa laki-laki dan 184 siswa perempuan.

"Terdapat tiga sesi ujian dan tiga ruangan yang dipersiapkan. Alhamdulillah kita UNBK mandiri, dilaksanakan disekolah sendiri," kata Sopian.

Dia berharap, siswanya yang mengikuti UNBK agar lebih teliti dalam menjawab soal-soal. Karena, soal UNBK cenderung lebih menantang.

"Kita berharap seluruh siswa bisa fokus dan optimal sehingga menghasilkan nilai tinggi agar bisa masuk ke sekolah favorit nantinya," imbau dia.
 

Pewarta: Haris/Putra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018