Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan salah satu fokus dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan masyarakat sadar bencana di daerah tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan pelatih.

"Peningkatan kemampuan pelatih ini juga bagian untuk memberikan pendampingan kepada seluruh kabupaten/kota dalam meningkatkan masyarakat sadar bencana," kata Kepala Pelaksana BPBA, T Ahmad Dadek di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan Aceh merupakan salah satu daerah rawan bencana dan peningkatan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat terhadap bencana merupakan hal penting yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

"Pelatih tersebut nantinya akan bekerja maksimal dalam memberikan pendampingan kepada kabupaten/kota baik dalam hal sosialisasi dan juga pembentukan gampong tangguh bencana," katanya.

Menurut dia dengan adanya pendampingan dan peningkatan kemampuan pelatih tersebut berbagai upaya program pencegahan dan penanganan bencana dapat berjalan maksimal di masa mendatang.

Ia menambahkan selain meningkatkan pelatih, dirinya juga akan fokus untuk sekolah siaga bencana, desa tangguh dan juga mengupayakan beberapa regulasi yang menjadi kewenangan provinsi.

T Ahmad Dadek menyatakan pihaknya terus melakukan berbagai upaya bersama kabupaten/kota dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018