Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan persebaran guru dan peningkatakan kuliatas guru di seluruh kabupaten/kota merupakan salah satu upaya mewujudkan pemerataan mutu pendidikan di provinsi itu.

"Artinya, tersebarnya guru dengan baik di seluruh kabupaten/kota yang turut diiringi dengan peningkatan kemampuan guru akan mampu mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan," kata Nova Iriansyah di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya usai menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang di pusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Ia menjelaskan salah satu solusi dalam meningkatkan dan mewujudkan kualitas pendidikan yang sama dengan seluruh kabupaten/kota yakni dengan menempetkan tenaga pengajar yang memiliki kemampuan yang sama.

Menurut dia penyebaran guru dengan kemampuan mumpuni tersebut nantinya akan berdampak positif terhadap mutu dan juga lulusan yang akan dihasilkan di masa mendatang.

Ia menambahkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh, Pemerintah Aceh juga akan terus meningatkan kemampuan guru dengan memberikan kesempatan untuk melanjutkan studi dan berbagai pelatihan.

"Peningkatan mutu pendidikan salah satunya juga didukung ketersediaan sumber daya manusia," kata Nova Iriansyah yang turut didampingi Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Laisani.

Pewarta: Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018