Takengon (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, menyampaikan bahwa daerahnya akan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara cabang olahraga pacuan kuda dan dayung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut tahun 2024.

Kepada wartawan usai acara penutupan Popda XV/2018 di Takengon, Selasa, Shabela menuturkan, pihaknya sesegera mungkin akan mulai mempersiapkan venue untuk penyelenggaraan kedua cabang olahraga tersebut.

"Yang sudah pasti pacuan kuda dan dayung. Kemudian yang disuruh persiapkan itu untuk keterampilan berkuda di Lapangan Belang Bebangka," tutur Shabela Abubakar.

Dia menyebutkan untuk lokasi penyelenggaraan pacuan kuda dan olahraga keterampilan berkuda akan dipersiapkan di arena Lapangan HM Hasan Gayo Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing.

Arena tersebut selama ini memang dijadikan tempat perlombaan pacuan kuda tradisional Gayo yang diselenggarakan dua kali dalam setahun sebagai agenda rutin tahunan Pemkab Aceh Tengah pada setiap peringatan HUT Kota Takengon dan HUT RI setiap tahunnya.

"Untuk dayung kemungkinan di lokasi Pante Menye Danau Lut Tawar," sebut Shabela.

Shabela menyampaikan bahwa selain kedua cabang olahraga tersebut Aceh Tengah juga berkemungkinan dipercaya sebagai tempat penyelenggara cabang renang.

Menurutnya, Aceh Tengah dengan topografi daerah pengunungan dan memiliki banyak aliran sungai juga sangat layak untuk dijadikan tempat penyelenggaraan cabang olahraha arung jeram.

"Kita meminta arung jeram di sini, namun mereka mengatakan bahwa arung jeram di Pidie. Mungkin juga renang di sini," ucap Shabela.

Walau masih dipastikan untuk menyelenggarakan dua cabang olahraga yakni pacuan kuda dan dayung pada perhelatan akbar olahraga tersebut, Shabela mengaku pihaknya saat ini tetap mempersiapkan untuk kemungkinan cabang olahraga keterampilan berkuda dan renang juga diselenggarakan di daerah itu.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018