Meulaboh (Antaranews Aceh) - Puluhan remaja putra dan putri mengikuti Pekan Tilawatil Quran (PTQ) pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) Stasiun Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Ketua pantia pelaksana PTQ RRI Meulaboh, Zulkiram di Meulaboh, Sabtu mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan menyemarakkan bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah/2018 Masehi.

"Yang diperlombakan yaitu cabang tilawah untuk golongan remaja dewasa putra dan putri. Pesera berjumlah 32 orang, terdiri dari 24 putra dan delapan orang putri," sebutnya.

Peserta kegiatan PTQ tahun 2018 yang dilakukan secara terbuka dan diikuti sebanyak 32 orang itu, dengan peserta yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat Daya ( Abdya) dan Kabupaten Aceh Selatan.

Ia menyampaikan, kegiatan perlombaan itu menggunakan sistem gugur, pada akhirnya akan terpilih dua orang terbaik qari dan qariah, dengan nilai tertinggi akan menjadi duta mewakili RRI Meulaboh ke tingkat nasional.

Sementara itu Kepala RRI Meulaboh, Muslim menyebutkan, PTQ tersebut merupakan agenda tahunan lembaga tersebut dalam rangka menjaring bakat qari dan qariah di seluruh daerah di Indonesia.

"Alhamdullillah PTQ tahun ini kita laksanakan dalam bulan puasa Ramadhan. Selain menjadi kegiatan dilombakan, semoga saja menjadi amal ibadah bagi kita semua dalam mengisi kebaikan selama bulan puasa," tuturnya.

Ia mengatakan, peserta merupakan putra-putri dari wilayah barat selatan Aceh berkompetisi untuk merebut gelar juara terbaik mengikuti ivent ketingkat nasional di Seumenep, Provinsi Jawa Timur, pada 26 - 31 Mei 2018.

Agenda tahunan lembaga pemerintah itu dilaksanakan secara di seluruh satuan kerja (satker) RRI di Indonesia dengan tujuan utama membina dan menjaring bakat-bakat rakyat di Indonesia yang menguasai dibidang seni tarik suara pengajian Al Quran.

Muslim menambahkan, kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian lembaga itu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pemerintah yang salah satunya menyediakan ruang kratifitas masyarakat menyalurkan berbagai bakat.

"Ini sebagai wujud peran serta RRI di seluruh Indonesia dalam salah satu kontribusinya melestarikan budaya dan mendidik, khusus untuk syiar Islam menyambut bulan Ramadhan, maka setiap tahun RRI Meulaboh juga menyelenggarakan PTQ," jelasnya.

Dia menyebutkan, PTQ juga bertujuan sebagai wujud pembinaan mental spiritual bagi umat muslim dalam memahami dan menguji kemampuan generasi memahami Al Quran sebagai panduan beragama dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018