Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Perta Arun Gas (PAG) yang merupakan anak perusahaan Pertagas milik Pertamina siap menjadi "driver" industri di Provinsi Aceh dalam mendukung industrialiasi dan kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe.

Technical and Operation Director PT PAG, Budiyana disela-sela menunggu acara buka puasa bersama wartawan di Main Office PT PAG Lhokseumawe, Selasa petang mengatakan, PAG yang saat ini mengelola bekas instalasi pengolahan gas alam cair milik PT Arun itu memiliki peran strategis dalam memajukan industri di Aceh.

Sebutnya, berbagai industri membutuhkan gas sebagai bahan baku dan juga bahan bakar dalam menggerakkan industrinya.

Sekarang, lanjut dia, pengolahan gas dan juga distribusinya untuk berbagai kawasan industri yang ditangani oleh PAG berpusat di Lhokseumawe.

"Dengan keberadaan dan peran tersebut, maka PAG siap menjadi driver industri di Aceh, serta berkomitmen mendukung KEK dalam upaya memajukan perekomian di daerah," ucap Budiyana.

Lanjutnya, menurut peta KEK Arun Lhokseumawe, bukan hanya industri migas saja yang bakal meramaikannya, akan tetapi industri non migas juga akan mengisi KEK Arun Lhokseumawe.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya siap untuk selalu menjadi bagian dai KEK tersebut dalam mendukung ketersedian gas.

Pada kesempatan itu juga, Budiyana memaparkan bahwa pihaknya sedang melakukan persiapan pembangunan Hub LNG dengan memanfaatkan sejumlah tangki LNG eks PT Arun agar bisa digunakan kembali dan mampu menampung sekaligus menyimpan gas LNG.

Selanjutnya, PAG juga akan membangun instalasi untuk Elpiji Transhipment yang berguna lebih mudah pendistribusian kemana saja gas tersebut.

"Sejumlah tangki LNG yang ada akan dimanfaatkan untuk Hub LNG agar tidak sia-sia, begitu juga akan dibangun LPG Transhipment. Direncanakan siap dan bisa beroperasi akhir tahun ini," kata Budiyana.

Pada kesempatan buka puasa bersama antara awak media di Lhokseumawe dan Aceh Utara dengan pihak manajemen PT PAG tersebut, juga dilakukan kegiatan kunjungan ke area pengolahan dan produksi PT PAG.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018