Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Baitul Mal Aceh membuka pendaftaran beasiswa berkelanjutan bagi siswa dan santri tahfiz Al Quran tahun 2018 dari kalangan keluarga kurang mampu.

Plt Kepala BMA, Zamzami Abdulrani di Banda Aceh, Kamis menyebutkan kuota untuk program tahfiz Al Quran tersebut 300 orang dan mereka yang memenuhi syarakat akan diberikan beasiswa sebesar Rp700.000 setiap bulan selama dua tahun.

"Program ini bertujuan menumbuhkan semangat menghafal Quran di kalangan muda-mudi Aceh dan juga memberi kemudahan serta meringankan beban ekonomi orang tua dalam membiayai pendidikan anaknya," katanya.

Ia menjelaskan salah satu syarat utama calon penerima program beasiswa tersebut adalah berasal dari keluarga kurang mampu, karena dana yang diberikan bersumber dari dana zakat. 

Selain berasal dari keluaraga kurang mampu, calon penerima sudah bisa menghafal Quran minimal 10 juz penuh (tidak termasuk setoran hapalan) dan tidak sedang menerima bantuan yang sama dari lembaga lain. 

Zamzami mengatakan program beasiswa tersebut diperutukkan bagi seluruh anak ?Aceh dan aktif dari pesantren manapun yang memiliki kurikulum/program tahfidz Quran. 

Juga disebutkan untuk program ini, Baitul Mal Aceh tahun 2018 menganggarkan dana sebesar Rp2,5 miliar. Program tersebut sudah dimulai sejak tahun 2016 dengan santri yang sudah dibantu sebanyak 440 peserta. 

Program ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam melahirkan dan mendukung generasi qurani demi masa depan Aceh yang lebih baik dan Islami, katanya.

Ia menambahkan pendaftaran ibuka sejak 24 Mei 2018 hingga 03 Juni 2018 dan Informasi lebih lengkap dan pengunduhan formulir pendaftaran calon peserta dapat mengunjungi situs website resmi Baitul Mal Aceh di http://baitulmal.acehprov.go. id/.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018