Meulaboh (Antaranews Aceh) - Harga penjualan tiket pesawat maskapai Wings Air rute Meulaboh tujuan Medan, melalui Bandara Cut Nyak Dhien, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh hingga kini bertahan tinggi setelah terjadi kenaikan pertengahan April 2018.

Anggota DPRK, Nagan Raya, Teuku Cut Man, di Nagan Raya, Kamis, mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat itu sudah sangat memberatkan masyarakat sehingga dirinya meminta pemerintah daerah turun tangan melakukan intervensi penurunan harga.

"Kenaikan harga tiket maskapai Wings Air di Nagan Raya ini sudah tidak rasional dan masuk diakal, masa harga tiket pesawat dari Nagan Raya ke Medan lebih mahal dari harga tiket di Banda Aceh tujuan Jakarta?,"tuturnya.

Hingga kini harga tiket maskapai Wings Air secara online rute Meulaboh - Medan seharga Rp899.000 per penerbangan, sementara harga sebelumnya Rp400-an ribu hingga Rp500-an ribu untuk sekali jalan dengan pesawat udara jenis ATR 72 seri 500 - 600.

Apabila melihat dari peta penerbangan dan rute maskapai Wings Air itu kata Cut Man, jarak tempuh dari Bandara Nagan Raya tujuan Bandara International Kualanamu, Deli Serdang,Sumatera Utara, lebih dekat ketimbang rute Banda Aceh - Medan.

Harga tiket pasawat Wings Air rute Meulaboh - Medan masih berada di level Rp899.000 sekali jalan, sementara untuk penerbangan dari Medan tujuan Meulaboh atau bandara Kualanamu tujuan Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya seharga Rp949.000 sekali jalan.

"Tidak rasional jika dibandingkan dengan tiket pesawat Banda Aceh tujuan Medan Rp400-an ribu untuk sekali jalan. Kita meminta Pemkab Nagan Raya untuk segera turun tangan mengatasi persoalan ini, kalau dibiarkan masyarakat yang rugi," sebutnya.

Kata dia, hadirnya maskapai yang memberikan pelayanan jasa seharusnya mempermudah masyarakat sebagai pengguna jasa, apalagi bagi para pelaku usaha dan pebisnis, walau pun kenaikan harga tiket sedikit, tetap saja itu membuat pebisnis merugi.

Lebih lanjut Cut Man, menyampaikan, kebutuhan sarana transportasi udara dari Nagan Raya ke Medan maupun sebaliknya, sangat dibutuhkan oleh masyarakat, seiring tingginya tuntutan kebutuhan warga di barat selatan Aceh.

Cut Man berharap, ketergantungan ini tidak dimanfaatkan untuk membuat warga di barat selatan Aceh merasa tertekan oleh penaikan harga tiket secara sepihak, apalagi dalam beberapa tahun terakhir rute Meulaboh - ?Medan hanya dilayani satu maskapai.

Dampak kenaikan ini terjadi pada penurunan jumlah penguna jasa yang menggunakan rute Meulaboh - Jakarta, apalagi harga tiket rute Meulaboh - Jakarta Rp1.416.600 sekali jalan, sementara Banda Aceh - Jakarta Rp865.000 sekali jalan.

"Lebih baik lewat Banda Aceh, sudah harga tiket murah, pesawatnya Lion Air. Kalau lewat Bandara Cut Nyak Dhien ke Jakarta ada transhipment di Kualanamu. Perbandingan harga tiket hampir Rp600 ribu," sebut Dedi, salah seorang calon penguna jasa.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018