Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Baitul Mal Kota Banda Aceh menyalurkan zakat konsumtif untuk ribuan fakir miskin di Ibu kota Provinsi Aceh itu.

Penyaluran zakat Rp800 ribu per orang kelompok fakir dan Rp600 ribu per orang untuk kelompok miskin diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di halaman Balai Kota setempat, Jumat.

Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh Tgk Safwani Zainun mengatakan ada 6.165 penerima zakat konsumtif berasal dari 90 gampong atau desa di sembilan kecamatan se-Kota Banda Aceh.

"Penerima zakat konsumtif lebaran tahun ini sebanyak 6.165 penerima. Mereka dibagi dalam dua kelompok, yakni fakir dan miskin. Untuk kelompok fakir diberikan Rp800 ribu per orang. Sedangkan miskin Rp600 ribu per orang," kata dia.

Safwani Zainun menyebutkan, penerima zakat fakir miskin di Kota Banda Aceh tahun ini menurun dibandingkan tahun 2017. Tahun lalu, penerima zakat fakir miskin lebih dari 6.500 orang.

"Ada warga yang tidak mendapatkan lagi karena tidak tergolong sebagai warga miskin lagi. Artinya, angka kemiskinan di Banda Aceh sekarang sudah menurun," kata Safwani.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta kepada mustahik atau penerima agar dapat memanfaatkan zakat tersebut sebaik mungkin sesuai kebutuhan.

"Saya harap para mustahik dapat memanfaatkan zakat ini sebaik mungkin. Prioritaskan dulu untuk yang benar-benar kebutuhan, terutama kebutuhan Ramadhan dan persiapan jelang lebaran," pinta Wali Kota.

Kepada para muzakki atau wajib zakat, Aminullah menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena telah mempercayakan Baitul Mal sebagai lembaga yang mengelola zakat mereka.

"Kami juga mengharapkan jumlah wajib zakat yang menyerahkan zakat di Baitul Mal semakin meningkat. Zakat ini bisa memecahkan persoalan sosial masyarakat," demikian Aminullah Usman.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018