Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak delapan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, mengikuti Program Keterkaitan dan Jaringan Universitas bidang Pertanian ASEAN di Universiti Malaysia Pahang (UMP) yang akan berlangsung 31 Juli hingga 13 Agustus 2018.

"Keseluruhan ada delapan mahasiswa Fakultas Pertanian Unsyiah dari berbagai jurusan akan mengikuti Program Agri-Relationship of ASEAN Universities Network di UPM Malaysia pada 31 Juli hingga 13 Agustus 2018," kata Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah Prof Samadi yang akan ikut mendampingi para mahasiswa dalam program tersebut di Banda Aceh, Kamis.

Delapan Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsyiah yang ikut program tersebut yaitu, Fitra Aris Munandar (Agroteknologi), Zurlaily Oktaviani (Agroteknologi), Mita Rezekina Utami (Agribisnis), Nadia Frastica (Agribisnis), Elya Sukmawati (Teknik Pertanian), Annisa Azzahra (Teknik Pertanian), Rosnasari (Peternakan) dan Intan Apriani (Ilmu Tanah).

"Kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan para adik-adik mahasiswa tentang teori dan praktik di bidang pertanian dan kita berharap ilmu yang diperoleh nanti dapat disalurkan kepada petani di Aceh," harap Prof Samadi didampigi Wakil Dekan III FP Unsyiah Dr Syafruddin.

Dia juga menyatakan selama berada di UMP Negeri Jiran tersebut para mahasiswa juga akan mengenal dan bertukar pengalaman di bidang budaya, seni dan lainnya.

Selain itu, mereka juga berkesempatan belajar di kelas alam dan dapat mempresentasikan untuk setiap kegiatan yang akan berlangsung di selama berada di Malaysia.

Salah seorang peserta, Fitra Aris Munandar menyampaikan dalam program itu akan ada aneka kegiatan pencerahan atau pengenalan dan praktik berbagai ilmu pertanian.

"Nanti ada pengenalan atau pencerahan ilmu pertanian organik, kultur jaringan, dan peternakan burung unta yang belum saya dapatkan selama ini serta beragam kegiatan menarik berbasis pertanian lainnya," kata Mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Jurusan Agroteknologi itu.

"Mewakili teman-teman lainnya saya sangat berterima kasih kepada pihak Universitas Syiah Kuala, khususnya Fakultas Pertanian yang memfasilitasi kegiatan mahasiswa di tingkat internasional. Dan semoga partisipasi perwakilan mahasiswa Unsyiah ini dapat menaikkan peringkatan atau prestasi mahasiswa lainnya di tingkat internasional," sambungnya.

"Jadi, kehadiran delapan Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsyiah ke UPM sekaligus untuk membawa pulang kegiatan tersebut ke Aceh yang mana pada tahun 2019, Fakultas Pertanian Unsyiah akan menjadi tuan rumah kegiatan Agri-Relationship of ASEAN Universities Network," tambah Dekan Fakultas Pertanian, Unsyiah.

Prof Samadi juga menyampaikan para mahasiswa Unsyiah tersebut selama berada di UMP Malaysia akan memperkenalkan berbagai komoditas unggulan yang berbasis sumber daya dan kearifan lokal seperti padi lokal, kopi, nilam dan sapi Aceh untuk seluruh mahasiswa se-ASEAN.?

Di samping itu, katanya, para mahasiswa Unsyiah juga akan mempromosikan atau memperkenalkan ragam budaya dan industri pariwisata yang ada di provinsi paling ujung barat Indoneisa, termasuk situs-situs peninggalan tsunami.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018