Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat bertekad mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah setempat berkembang pesat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di provinsi ujung paling Barat itu.

"Disdik Aceh terus bergegas melakukan pemberdayaan TIK untuk pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran di sekolah," kata Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Syarbaini di Banda Aceh, Kamis.

Dalam menghadapi dan pemanfaatan teknologi semua harus cerdas dalam mengaturnya sehingga kehadirannya memberi nilai tambah dalam upaya peningkatan kinerja dan produktifitas pendidikan.

Pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan akan berhasil apabila didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan kompeten sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Pemeritah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan dan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2015 terkait penyelenggaraan pendidikan.

"Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu program prioritas yang didukung dengan pemanfaatan TIK," tambahnya.

Syarbaini yang mewakili Kepala Disdik Aceh bertekad pendidikan di provinsi ujung paling Barat Indonesia itu bisa bersaing dan bersanding dengan pendidikan di provinsi lain, bahkan di negara lain yang telah lebih dulu maju di bidang pemanfaatan TIK.

Untuk mencapai prestasi terbaik, tidak mungkin diperoleh dengan hanya berpangku tangan, karenanya pencapaian tersebut akan dicapai dengan program-program konkrit disertai kerja keras semua pihak.

Kasi Pengembangan Aplikasi TIK UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Anwar M Isa mengatakan Rakornis tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan pemanfaatan fasilitas TIK.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018