Idi (Antaranews Aceh) - Sedikitnya 40 pria dan wanita terjaring razia petugas Wilayatul Hisbah (WH) di Pekan Keude Bayeun, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (12/7) sore.

Razia busana kali ini melibatkan petugas WH dibantu aparat keamanan dari TNI/Polri. Selain menegur dan menasehati, petugas WH juga memintai identitas pelanggar untuk dicatat di buku 'dosa'.

Berdasarkan catatan di buku 'dosa' bahwa petugas mencatat 25 wanita dan 15 pria terjaring dalam razia tersebut. Setelah dinasehati, mereka yang melanggar kembali dilepas.

"Ada 40 pelanggar yang terjaring razia baik pria yang memakai celana pendek atau wanita bercelana ketat," ujar Plt Kasatpol PP dan WH Aceh Timur, M. Amin, melalui Kabid WH, Muzakir.

Dijelaskan, razia itu dilaksanakan dalam rangka pengawasan dan pembinaan serta sosialisasi Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam dibidang Aqidah, Ibadah dan Syariat Islam.

"Sebagai bentuk pengawasan kita akan menggelar razia serupa diseluruh kecamatan secara bergilir," ujar Muzakir.

Ia mengharapkan umat Islam yang sudak aqil baligh untuk mengenakan pakaian sesuai yang menutup aurat ketika keluar ke tempat umum.
 

Pewarta: Heru Dwi Suryatmojo

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018