Sabang (Antaranews Aceh) - Kapal Perang India INS Sumitra P-59 yang sandar di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang, Provinsi Aceh, bertolak kembali ke negerinya setelah mengakhiri kunjungan persahabatan ke jajaran TNI-AL.

"Kapal Perang AL India INS Sumitra P-59, Kamis telah bertolak meninggalkan Indonesia menuju ke pangkalannya," kata Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut Edi Haryanto melalui pesan tertulis, Jumat.

Ia mengatakan, kapal perang tersebut telah selesai melaksanakan kunjungan ke Indonesia dalam rangka kerja sama yang erat antara AL India dengan TNI AL.

Menurutnya, kunjungan kapal perang India merupakan salah satu perwujudan peran universal AL se-dunia dalam melaksanakan `naval diplomacy`.

"Kunjungan Kapal Perang India INS Sumitra semakin menambah erat hubungan Indonesia dan India sebagaimana terlihat dari berbagai interaksi antara ABK INS Sumitra dengan personel TNI AL maupun masyarakat Sabang saat `open ship` selama berada di Sabang dari tanggal, 10-13 Juli," sebutnya.

Pelepasan Kapal Perang India INS Sumitra di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang dipimpin Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut Edi Haryanto dengan didampingi Palaksa Letkol Laut (PM) Ahmad Asahari serta sejumlah prajurit Lanal Sabang.

Sejumlah warga masyarakat sebelumnya, berswafoto di geladak Kapal Perang India INS Sumitra P-59 yang sandar di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang, Provinsi Aceh.

Warga masyarakat Kota Sabang dari berbagai kalangan silih berganti terus berdatangan naik ke kapal dan disambut para anak buah kapal (ABK) INS Sumitra dan diberi penjelasan mengenai beberapa fungsi alat di geladak kapal tersebut.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018