Langsa (Antaranews Aceh) - Sebanyak 17 partai politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2019 di Kota Langsa, Propinsi Aceh, menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Caleg) pada hari terakhir pendaftaran, Selasa.

Komisioner KIP Kota Langsa, Syukri di Langsa, Selasa menyebutkan, hingga sore terdapat sembilan Parpol yang telah menyerahkan berkas pendaftaran caleg. Dimana, tiga lainnya telah mendaftarkan pada Senin (16/7).

"Sore ini hingga pukul 18.00 WIB, sembilan Parpol yang telah mendaftarkan calegnya. Kemarin ada tiga Parpol. Sisanya telah terkonfirmasi malam nanti," sebut Syukri.

Disebutkan, tiga partai yang mendaftarkan caleg pada Senin (16/7), yakni Partai Golkar, Demokrat dan NasDem, sedangkan Selasa, PPP, PAN, PBB, PKS, Partai Garuda, PDIP, PSI, Gerindra dan Partai Aceh.

Parpol yang belum mendaftar hingga Selasa sore yakni Partai Hanura, PKPI, PKB, Partai Berkarya, Perindo, Partai SIRA, PNA dan PDA.

"Sisanya sudah konfirmasi malam ini akan mendaftarkan calegnya, seperti Partai Hanura sekira pukul 20.00 Wib nanti, disusul lainnya," aku Syukri.

Diakui, pihak KIP Kota Langsa akan menunggu hingga batas akhir pendaftaran malam ini, yakni pukul 00.00 Wib. Apabila ada partai yang belum melakukan registrasi pendaftaran sampai batas akhir, maka pihak KIP tidak dapat melayaninya.

"Batas akhirnya pukul 24.00 WIB. JIka sudah registrasi pendaftaran caleg, maka kami akan melayani hingga tuntas kendati sampai menjelang pagi," kata Syukri.

Sementara, Sekretaris KIP Kota Langsa, Muhammad Dahlan menuturkan, pihak sekretariat sudah mempersiapkan segala kebutuhan penerimaan pendaftaran pada batas akhir tersebut.

"Tugas kami di sekretariat memfasilitasi dan membantu komisioner dalam melakukan tahapan, program dan jadwal Pemilu, termasuk penerimaan pendaftaran caleg hingga larut malam ini," ujar Dahlan.

Ia telah pula berkoordinasi dengan pihak keamanan guna dapat melakukan pengamanan tertutup di sekretariat KIP Kota Langsa, guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

"Untuk pengamanan kita minta bantuan Polres Langsa menempatkan personelnya guna Pamtup di KIP selama proses pendaftaran diakhir batas waktu itu," imbuhnya.

Di tengah kesibukan pelaksanaan tahapan, program dan jadwal Pemilu, Dahlan masih sempat mengucapkan selamat atas pelantikan anggota KIP Aceh yang dilaksanakan di Kemendagri, Jakarta, Selasa siang.

"Kami ucapkan selamat bertugas pada anggota KIP Aceh yang baru. Terlebih kehadiran Pak Agusni AH yang merupakan ketua KIP Langsa dua periode," ucap alumnus IAIN Zawiyah Cot Kala tersebut.

Pewarta: Putra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018