Idi (Antaranews Aceh) - Sebanyak 33 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Aceh Timur mengikuti uji kompetensi seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama untuk merebut 12 jabatan struktural setingkat eselon II B.

Uji Kompetensi tersebut berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Pendopo Idi, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (17/7). Peserta sebagian besar para ASN yang sedang menjabat sebagai para sekretaris dan kepala bidang (kabid) diinstansi pemerintah dalam jajaran Pemkab Aceh Timur. Bahkan enam diantaranya tercatat sebagai camat.

Ke 12 jabatan yang akan diisi para ASN yang lolos yaitu Sekretariat DPRK, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Dinas Perindustrian, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Perikanan.

Lalu, Dinas Pertanahan, dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Satuan Polisi Pramong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol-PP dan WH) dan Dinas Pendidikan Dayah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Aceh Timur, Irfan Kamal melalui Kabid Mutasi dan Promosi Aparatur, Iskandarsyah menjelaskan, seleksi tersebut dilaksanakan dalam rangka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama (eselon II.b) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

Seleksi itu dilakukan pihaknya sesuai amanah undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tertanggal 27 Maret 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dilingkungan instansi pemerintah.

"Melalui tes uji kompetensi tersebut diharapkan juga dapat menghasilkan pejabat yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dalam menduduki jabatan yang diikutinya," timpal Iskandarsyah.

Setelah uji kompetensi itu, ke-33 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Aceh Timur tersebut nantinya akan mengikuti tahapan tes wawancara dan rekam jejak yang akan dilaksanakan 24 Juli pekan depan.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018