Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh siap menjadi tuan rumah penyelenggara kejuaraan nasional (Kejurnas) petanque mahasiswa yang digelar di Lapangan Tugu Darussalam, 17 - 23 September 2018.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC.I kepada wartawan di Banda Aceh Senin menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan semua fasilitas Kejurnas yang bakal diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

"Asrama untuk atlet mahasiswa peserta Kejurnas petanque sudah kita siapkan. Ada sekitar 20 lapangan bertaraf standar sedang kita bangun di kawasan lapangan tugu Darussalam, sedangkan sumber dananya juga sudah ada," paparnya.

Alfiansyah menyatakan, Unsyiah siap menyongsong Kejurnas dan menargetkan juara umum.

"Kejurnas tahun lalu di Medan, Sumatera Utara kita juara umum. Tahun ini sebagai tuan rumah, kita siap mempertahankan gelar juara umum tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Petangue Indonesia (Pengprov FOPI) Aceh, Drs Abdurrahman, M.Kes menyatakan, sudah mempersiapkan 23 atlet putra dan putri yang akan diturunkan bertanding di Kejurnas.

"Para atlet putra dan putri tersebut selama ini berlatih rutin dan intensif. Bahkan diantaranya merupakan atlet binaan KONI Aceh yang dipersiapkan menghadapi PON XX/2020 di Papua," sebutnya.

Abdurrahman yang juga Ketua panitia Kejurnas mahasiswa ini mengungkapkan, pada Kejurnas nanti akan mempertandingkan 11 nomor kategori putra dan putri.

"Kita akan menurunkan atlet untuk bertanding di semua nomor yang dipertandingkan," jelasnya.

"Saat ini sudah 65 perguruan tinggi negeri dan swasta yang menyatakan akan mengirimkan atletnya untuk mengikuti even nasional petanque mahasiswa perguruan tinggi se -Indonesia di Unsyiah," ungkap Wakil Dekan II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah ini.

Disebutkannya, Kejurnas petanque yang akan digelar Unsyiah menjadi ajang seleksi bagi atlet mahasiswa Indonesia untuk menghadapi pekan olahraga mahasiswa (POM) Asean di Myanmar, Desember 2018.

Sementara itu, para atlet "lempar bola besi" mahasiswa yang juga atlet Pengprov FOPI Aceh dalam dua tahun terakhir ini telah meraih prestasi di sejumlah even nasional mahasiswa maupun umum. Prestasi terbaru meraih medali emas di even IMT-GT yang digelar di Malaysia, 20 - 26 Juli 2018.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018