Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Peserta pawai Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 yang berasal dari Kabupaten Aceh Tengah mengenakan baju adat kerawang Gayo termasuk pada gajah putih dan kuda yang ikut serta dalam memeriahkan kegiatan tersebut.

"Kita telah mempersiapkan dengan baik seluruh kebutuhan dan kelengkapan peserta dan kita telah bekerja optimal agar bisa tampil maksimal dalam pawai yang berlangsung tadi pagi yang dimulai di Blang Padang Banda Aceh," kata Ketua Panitia PKA ke-7 Kabupaten Aceh Tengah, Uswatun di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan pada pawai PKA ke-7 yang berlangsung di ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh, Gayo Lut dipercayakan untuk membawa gajah keliling kota Banda Aceh, bersama 5 ekor kuda.

Ia menjelaskan gajah putih dan kuda Gayo tersebut juga ikut dipakaikan kerawang Gayo dan para joki ciri yang menjadi penunggag kuda juga membawa serta bendera kerajaan Linge.

Kemudian khusus untuk mobil hias, Gayo Lut juga memunculkan ciri khasnya yakni mobil dihias dengan rumah spesifik? Gayo (supu serule). Rumah dengan atapnya terbuat dari daun serule, yang merupakan daun khas berasal dari Gayo.

Ia menyebutkan peserta pawai dari Aceh Tengah yang berjumlah 100 orang tersebut semuanya mengenakan pakaian kerawang Gayo.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah memimpin pawai Pekan Kebudayan Aceh (PKA) ke-7 yang berlangsung di ibu kota provinsi setempat Banda ?Aceh, Senin.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin dan Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah mengendarai gajah yang telah disiapkan untuk ikut serta dalam kegiatan pawai yang mengeliligi sejumlah ruas jalan di kota Banda Aceh tersebut.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018