Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melakukan penggalangan dana bantuan kemanuasia guna membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kalak BPBA Aceh, T Ahmad Dadek di Banda Aceh, Rabu mengatakan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan rasa duka mendalam atas musibah yang menimpa masyarakat NTB pascagempa yang terjadi Minggu(5/8).

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerukan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk membantu dan meringankan penderita korban bencana alam di provinsi tersebut.

Menurut dia pihaknya langsung merespon seruan Plt Gubernur Aceh dengan melakukan rapat koordinasi dalam rangka mengkoordinasikan penggalangan dana bantuan kemanusian untuk korban Gempa Bumi Lombok.

Bantuan Donasi Gempa Bumi Lombok dapat disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia Nomor Rekening 2056-01-000905-55-4 atas nama Bantuan Donasi Gempa Lombok.?

"Kami mengajak seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh dan para dermawan lainnya untuk membantu korban gempa di Lombok dengan memberikan dana kita dan staf yang dapat dikirim melalui rekening donasi Gempa Lombok," kata Ahmad Dadek.

Ia mengatakan dalam hari penggalangan ketua, pihaknya juga menempatkan kotak penggalaman dana di pintu gerbang utama Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

"Aksi kemanusian yang dikoordinir Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh ini berada di bawah Posko Bersama Aceh Peduli Lombok yang merupakan bagian dari penggalangan dana untuk NTB oleh Pemerintah Aceh melalui BPBA," kata Ahmad Dadek.

Berdasarkan informasi resmi yang dikeluarkan oleh BMKG, gempa yang ?mengguncang kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat terjadi pada pukul 18.46 WIB dengan kekuatan 7 Skala Richter dan memiliki kedalaman 15 km. Posisi gempa terletak di 8.25 Lintang Selatan ,116.49 Bujur Timur Laut atau 27 km Timur Laut Lombok Utara, NTB dan berpotensi Tsunami.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018