Aceh Singkil (Antaranews Aceh) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dalam menyambut Lebaran Haji atau Idul Adha 1439 Hijriah/2018 Masehi.

Manager Usaha dan Teknik PT ASDP Indonesia Fery Pelabuhan Cabang Singkil Syahrul, di Singkil, Jumat mengatakan bahwa saat ini kapal feri yang melayani sejumlah rute pelayaran di kepulauan terluar Pulau Sumatera dibenahi, dan dirawat.

"Karakteristik momen ramainya lonjakan penumpang di tiga rute pelayaran hanya terjadi setahun dua kali. Karena itu, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut," katanya.

PT ASDP Fery Singkil mengelola beberapa rute pelayanan jasa penyeberangan dari daratan Sumatera wilayah Provinsi Aceh, seperti dari Aceh Singkil-Nias (Provinsi Sumut), Singkil-Sinabang serta Singkil-Pulau Banyak (Provinsi Aceh).

Dia berkata, perawatan kapal feri diharuskan karena lonjakan penumpang diprediksi terjadi signifikan menjelang hari raya Idul Adha tahun ini yang sesuai jadwal kalender nasional jatuh pada 22 Agustus 2018.

"Ada tiga kapal yang kami kelola yaitu KMP Teluk Singkil, KMP Labuhan Haji dan KMP Teluk Sinabang. Aktivitas perwakilan ASDP Singkil dan perwakilan di Meulaboh saat ini berjalan normal karena cuaca mendukung," katanya.

Syahrul, menjelaskan jadwal reguler pelayaran masih seperti biasa, yakni KMP Labuhan Haji rute Singkil-Sinabang setiap Senin dan Kamis, KMP Teluk Singkil rute Singkil-Pulau Banyak pada Selasa dan Jumat dan penyeberangan Singkil- unung Sitoli setiap Minggu dan Rabu.

Kemudian pelayanan penyeberangan KMP Labuhan Haji dari Labuhan Haji tujuan Sinabang, keberangkatannya setiap Selasa dan Sabtu, dan KMP Teluk Sinabang Rute penyeberangan Meulaboh - Sinabang setiap Jumat dan Ahad.

"Kami berharap kondisi cuaca di lintasan penyeberangan kapal terus mendukung, dan kami senantiasa berkoordinasi dengan BMKG agar mengetahui perkembangan cuaca untuk pelayaran," kata Syahrul.
 

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018