Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) melaporkan, peristiwa banjir bandang telah merendam 146 unit rumah akibat hujan terus mengguyur sepanjang hari di wilayah Aceh Jaya, Provinsi Aceh, sejak dini hari tadi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, peristiwa banjir bandang?terjadi di Desa Sapek, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya.

"Di Gampong (Desa) Sapek, ada 162 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 640 orang yang mediami 146 rumah, kini terendam banjir bandang," terangnya.

Ia berujar, pihaknya mendapat laporan? Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dengan bersumber dari relawan Tagana Lamno di Kecamatan Jaya.

Namun, kata dia, malam ini para korban harus mengungsi di tempat kerabat atau keluarga terdekat.

Hujan yang turun dini hari tadi atau sekitar pukul 03.00 WIB, dan berlangsung sepanjang hari ini, menjadi penyebab munculnya banjir bandang sekitar pukul 16.45 WIB.

Terdapat tiga desa di Kecamatan Jaya mengalami banjir, yakni?Gle Putoh, Lambaro dan Sapek. Peristiwa longsor juga terjadi di jalan raya lintas Geurutee-Meulaboh atau Kilometer 91 di?Desa Kuala, Kecamatan Indra Jaya, Aceh Jaya.

"Kita pastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir atau banjir bandang ini," tegas Dadek.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBK Aceh Jaya, Ismail, mengaku, peristiwa longsor yang terjadi tidak mengganggu arus lalu litas. "Cuma satu warung kopi berada di pinggir jalan raya dalam kondisi miring, akibat tanah longsor," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018