Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sekitar satu hektare lahan tidur yang ditumbuhi ilalang dalam kondisi?kering hangus terbakar di pinggir jalan lintas Banda Aceh-Medan (Sumut) di Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Senin mengatakan, kebakaran lahan kali ini terjadi di Gampong Lampanah Teunong, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.

"Informasi ini diterima Pos Sibreh sekitar pukul 17.00 WIB, dan langsung disampaikan kalaksa (kepala pelaksana)?BPBD setempat mengintruksikan?untuk penanganan segera. Beliau, kebetulan melintas di jalan lintas nasional yang terbakar ini," ucapnya.

Tidak berapa lama kemudian, lanjutnya, pos setempat langsung mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pos Seulimum, akibat?armada dan petugas pemadam di Pos Sibreh sedang melakukan penanganan kebakaran di tempat lain.

Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan langsung turun memimpin tim dalam upaya pemadam dibantu aparat TNI/Polri demi mencegah kebakaran yang terus meluas di area tersebut.

"Alhamdulillah, sekitar jam 18.00 WIB sore ini, api bisa dipadamkan oleh tim. Sedangkan penyebab kebakaran sendiri, sudah dalam penanganan pihak yang berwajib," tegas Dadek.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat mengaku, satelit tidak menemukan titik panas sepanjang hari ini di wilayah Aceh.

"Kemarin (Ahad, 2/9) terdeteksi satelit ada empat titik panas di Aceh. Tapi hari ini nihil," terang?Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Aceh," Zakaria Ahmad.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018